Alex Kase Akui Kemenangan Tahun-Konay Hasil Pemungutan Suara Ulang Pilbup TTS

Calon Wakil Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Alex Kase, mengakui keunggulan rivalnya, Epy Tahun dan Army Konay (Tahun-Konay),

Alex Kase Akui Kemenangan Tahun-Konay Hasil Pemungutan Suara Ulang Pilbup TTS
POS KUPANG/DION KOTA
Cawabup Alex Kase 

POS KUPANG.COM, SOE -- Calon Wakil Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Alex Kase, mengakui keunggulan rivalnya, Epy Tahun dan Army Konay (Tahun-Konay), dalam pemungutan suara ulang (PSU) di 30 TPS di daerah itu, Sabtu (20/10/2018). Alex menyebut ada selisih angka antara paslon Naitboho-Kase dengan Tahun-Konay.

"Data rinciannya saya tidak pegang, ada di Sekretariat Paket Naitboho-Kase. Memang ada selisih angka antara Paket Naitboho-Kase dan Tahun-Konay, di mana paket Tahun-Konay unggul. Kita hormati hasil PSU, selanjutnya kita tunggu keputusan MK," ujar Alex Kase melalui telepon, Minggu (21/10/2018) siang.

Berdasarkan hasil pantauannya, diakui Alex, PSU berjalan baik dan aman. Kekurangan logistik seperti yang dialami pada 27 Juni lalu sudah tidak terjadi. Hal ini menunjukkan penyelenggara sudah bekerja maksimal.

"Kemarin saya keliling ke beberapa TPS. Saya lihat jalannya PSU sudah baik. Tak ada lagi kekurangan logistik seperti sebelumnya. Jika penyelenggara mampu menggelar Pilbup TTS 27 Juni lalu seperti PSU saat ini, tentunya uang rakyat TTS tidak terkuras. Kita berharap ini menjadi pembelajaran ke depan," terang Alex Kase.

Secara terpisah, Ketua KPU TTS, Santi Soinbala, mengatakan, data pasti hasil PSU harus menunggu pleno tingkat kecamatan. "Saya baru memberi data hasil PSU pasca pleno kecamatan berakhir. Kalau formulir model C seluruhnya sudah masuk ke KPU. Hari Senin (22/10) pleno tingkat kecamatan selesai,
dilanjutkan pleno kabupaten," ujar Santi.

Untuk diketahui, seusai PSU, kotak suara dari 30 TPS digeser ke kecamatan guna melakukan pleno. Hari Minggu (21/10/2018) pleno tingkat kecamatan berlangsung di Kecamatan Amanatun Selatan, Boking, Kualin, Polen, Mollo Barat, Fautmolo dan Amanuban Selatan. Sedangkan pleno di Kecamatan Batu Putih, Kie dan Mollo Utara, diilakukan hari ini, Senin (22/10).

Diberitakan sebelumnya, Pasangan Calon (Paslon) Bupati- Wakil Bupati TTS, Epy Tahun dan Army Konay, unggul dalam pelaksanaan PSU di 30 TPS yang tersebar pada 19 desa dan 10 kecamatan, Sabtu (20/10/2018). Paket Tahun-Konay unggul dari Naitboho-Kase, yang juga pemohon dalam sengketa perselisihan hasil pemilu (PHP) Pilbup TTS di Mahkamah Konstitusi (MK), dengan selisih 480 suara.

Dari 30 TPS, Paslon Tahun-Konay mendulang 3.475 suara, sedangkan Paslon Naitboho-Kase meraup 2.995 suara. Jika ditotalkan dengan perolehan suara dari 891 TPS yang tidak melakukan PSU, Paslon Tahun-Konay unggul 550 suara dari Paslon Naitboho-Kase. Paslon Tahun-Konay mendulang 69.726 suara, sedangkan Naitboho-Kase meraih 69.176 suara. (din)

Penulis: Dion Kota
Editor: Alfred Dama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved