Berita Pendidikan

Wow! SMK Negeri 2 Kupang Gandeng PLN NTT, Apa Yang Dilakukan Ya?

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kupang menggandeng PT PLN Wilayah NTT menyiapkan lulusan kelistrikan yang berkualitas.

Wow! SMK Negeri 2 Kupang Gandeng PLN NTT, Apa Yang Dilakukan Ya?
Laus Markus Goti

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kupang menggandeng PT PLN Wilayah NTT menyiapkan lulusan kelistrikan yang berkualitas dan berdaya saing.

"Pada intinya SMKN 2 Kupang bertekad menghasilkan lulusan jurusan kelistrikan yang berkualitas dan bisa bersaing di dunia kerja atau industri," ujar Kepala SMKN 2 Kupang, Sikas Hase, SP, MT, di Hotel Bella Vita, Selasa (17/10/2018).

Sikas menyebut langkah awal yang dilakukannya dengan melakukan penyelarasan kurikulum yang link dan match dengan dunia kerja atau industri. Penyelarasan kurikulum dimaksud untuk menyesuaikan kurikulum dan proses pendidikan dengan kebutuhan di industri atau dunia kerja. Dengan demikian lulusan bisa terserap di industri atau dunia kerja.

Baca: Inilah Berbagai Lomba yang Digelar BMPS NTT Jelang Hari Sumpah Pemuda

Sikas menjelaskan, kerja sama tersebut sekaligus respons atas Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016, terkait revitalisasi sistem pendidikan di SMK untuk meningkatkan kualitas SDM.

Menyukseskan kerja sama tersebut, Rabu (17/10/2018), SMKN 2 dan PLN menggelar workshop di Hotel Bella Vita, melibatkan unsur dinas pendidikan Provinsi NTT dan para guru.

Sikas menjelaskan, dalam proses pendidikan siswa-siswi, PLN akan terlibat mendampingi baik dalam teori maupun praktek.

"Ya, kita akan berkoordinasi dengan PLN, bagaimana tepatnya kurikukum dan proses pendidikan yang diterapkan kepada siswa-siswi kita," ungkapnya.

Dalam masa praktek, lanjut Sikas, para siswa akan koordinir oleh PLN dalam kerja sama dengan pihak sekolah.
Wahyuddin, mewakili PLN,menyambut antusias kerja sama tersebut. "Saya kira kerja sama ini sangat baik dan tentu saja bermanfaat. Kerja sama ini juga menegaskan kepedulian PLN terhadapnya pendidikan," ungkapnya.

Baca: Begini Jadinya Saat Wali Kota Gerebek Cewek SMA Tak Pakai Baju di Apartemen

"Bekerja di bidang kelistrikan, selain skill atau keahlian dibutuhkan juga karakter dan mental yang baik. Selain itu, harus sehat secara fisik," tambahnya.

Ia menambahkan, seusai menjalani masa praktek di PLN, siswa-siswi SMKN 2 akan disertifikasi. "Itu menjadi modal bagi mereka ketika melamar kerja sesuai dengan kompetensi dan keahlian mereka," ujar Wahyudin. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved