Berita NTT Terkini

Politeknik Pertanian Negeri Kupang Gelar PKM di Dua Kelompok Tani di Kupang Timur

Jurusan Peternakan, Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Kupang gencar melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Politeknik Pertanian Negeri Kupang Gelar PKM di Dua Kelompok Tani di Kupang Timur
ISTIMEWA
Pelaksanaan PKM oleh Politeknik Pertanian Negeri Kupang di Tuatuka, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Jurusan Peternakan, Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Kupang gencar melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

PKM ini digelar di dua kelompok tani, yakni Kelompok Tani Syalom dan Kelompok Tani Sumber Berkat di Kelurahan Tuatuka, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang dengan fokus pada bidang peternakan.

Koordinator PKM Program Studi Teknologi Pakan Ternak, Cardial Leo Penu, S.Pt, M.Sc dan Koordinator PKM Program Studi Kesehatan Hewan, drh. Victor J Lenda, M.Sc kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (17/10/2018) mengatakan, bahwa upaya pengembangan ternak babi secara profesional harus mampu menerapkan sistem manajemen yang baik, meliputi penyediaan bibit berkualitas.

Baca: Dinsos Ngada Sosialiasi Bantuan Keserasian Sosial di Gurusina

Johanis A Jermias, S.Pt., M.Sc selaku Ketua Jurusan Peternakan Politani Negeri Kupang telah mempercayakan kepada Dr. Melkianus Deddy Randu, S.Pt.,M.Si; Cardial Leopenu, S.Pt., M.Sc; dan drh. Victor J. Lenda, M.Sc sebagai koordinator kegiatan PKM untuk masing-masing program studi Produksi Ternak, Teknologi Pakan Ternak, dan Kesehatan Hewan.

Baca: Nor Lanjong Usulkan Disdukcapil Flotim Siapkan Tiga Hal ini untuk Pilpres 2019

Menurut Cardial, kegiatan PKM tentang peternakan yang dilakukan di RT.02/RW 03, Kelurahan Tuatuka, Kecamatan Kupang Timur bertujuan untuk menerapkan paradigma baru dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat problem solving, komprehensif

"Selain itu, ketersediaan pakan yang kontinyu, dan pemeliharaan kesehatan hewan. Kesemuanya itu juga memiliki hubungan dengan besar kecilnya modal yang dimiliki peternak," kata Cardial.

Dijelaskan, bahwa PKM merupakan bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh dosen. Sebagai mitra binaan Jurusan Peternakan sejak tahun 2016,
Kelompok Tani Syalom dan Kelompok Tani Sumber Berkat telah mengembangkan ternak babi.

Namun usaha tersebut selalu mengalami kendala teristimewa dalam aspek modal untuk meningkatkan skala usaha ternak babi.

"Untuk itulah Tim ditugaskan mendesain program yang dapat diimplementasikan guna menyelesaikan masalah mitra kelompok tani dalam usaha penggemukan ternak babi," katanya. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved