Berita Kabupaten TTS

KPU TTS Mulai Sortir Logistik untuk Pemungutan Suara Ulang

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten TTS, mulai melakukan penyortiran surat suara dan formulir pemungutan suara ulang Pilbup TTS 30 TPS.

KPU TTS Mulai Sortir Logistik untuk Pemungutan Suara Ulang
POS KUPANG.COM/DION KOTA
Suasana penyortiran surat suara di Kantor KPU Kabupaten TTS 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten TTS, Senin ( 15/10/2018) mulai melakukan penyortiran terhadap surat suara dan formulir pemungutan suara ulang ( PSU) Pilbup TTS untuk 30 TPS.

Ditargetkan, dalam waktu dua hari proses sortir bisa selesai dan dilanjutkan dengan pengepakan logistik.

Baca: Seleksi CPNS Pemprov NTT! 7.800 Orang Mendaftar di BKD NTT

Ketua KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala yang ditemui pos kupang di sela-sela kegiatan penyortiran mengatakan, dalam melakukan penyortiran logistik surat suara, KPU melibatkan Bawaslu Kabupaten TTS dan Panwascam guna melakukan pengawasan selama proses penyortiran.

Sedangkan pelaksanaan penyortiran dilakukan sendiri oleh sekertariat KPU Kabupaten TTS diantu anggota PPK dari 10 Kecamatan.

" Kita targetkan proses penyortiran ini akan selesai esok, Selasa. Proses penyortiran ini dilakukan untuk memastikan logistik PSU dalam keadaan baik. Jika ditemukan adanya logistik yang rusak akan kita minta ganti di rekanan yang melakukan pengadaan," ungkap Santi.

Untuk memastikan logistik yang dimasukan ke kotak suara tepat jenis dan tepat jumlah lanjut Santi, nantinya proses pengepakan akan dilakukan secara berjenjang dengan diawasi langsung oleh Bawaslu Kabupaten TTS dan Panwascam.

Setelah logistik dimasukan ke dalam kotak suara, komisoner KPU bersama komisioner Bawaslu Kabupaten TTS akan melakukan pengecekan kembali jumlah dan jenis logistik yang dimasukan guna memastikan logistik yang masuk ke kotak suara sesuai daftar list. Setelah dipastikan jumlah dan jenisnya sesuai daftar list yang dibuat barulah kotak akan ditutup dan disegel.

" Bersama teman-teman Bawaslu Kabupaten TTS kita akan pastikan logistik PSU tepat jumlah dan tepat jenis. Oleh sebab itu, dalam setiap tahapan proses kita selalu melibatkan teman-teman dari Bawaslu Kabupaten TTS, " jelasnya.

Terkait pembukaan 30 kotak suara guna pengambilan daftar nama pemilih tambahan dan pemilih pindahan, Santi mengatakan, proses tersebut sudah selesai kemarin.

Saat ini daftar nama pemilih tambahan dan pemilih pindahan sudah dipegang sebagai dasar pembuatan surat undangan untuk pemilih nantinya. KPU masih memastikan kesesuaian antara NIK KTP dan Nomor KK dari dua nama dalam daftar pemilih tambahan di Kantor Disdukcapil Kabupaten TTS. Pasalnya, kedua pemilih tersebut saat menyalurkan hak suara 27 Juni lalu hanya mencantumkan NIK KTP.

" Jumlah daftar pemilih tetap di 30 TPS yang melakukan PSU sebanyak 9.041 pemilih. Pemilih tambahan sebanyak 128 pemilih dan pemilih pindahan sebanyak 74 pemilih. Saat ini ada dua nama pemilih dalam daftar pemilih tambahan yang ingin kita pastikan nomor KTP dan nomor Kartu keluarga nya sesuai. Oleh sebab itu kita sementara melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten TTS, " pungkasnya. ( *)

 

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved