Berita Kota Kupang Terkini

Ini Hasil Capaian MR di kota KupangIni Hasil Capaian MR di kota Kupang

Pencapaian imunisasi Measles Rubella pada posisi terakhir sudah 92,7 persen dari 104 riby jiwa, untuk mencapai 100 persen maka harus

Ini Hasil Capaian MR di kota KupangIni Hasil Capaian MR di kota Kupang
POS-KUPANG.COM/YENI RACHMAWATI
dr. Ari Wijana 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawaty

POS-KUPANG. COM | KUPANG -- Pencapaian imunisasi Measles Rubella pada posisi terakhir sudah 92,7 persen dari 104 riby jiwa, untuk mencapai 100 persen maka harus melakukan berbagai upaya.

Kepala Dinas Kesehatan kota Kupang, dr Ari Wijana, kepada Wartawan, Senin (15/10/2018), menyampaikan, masih ada warga dan sekolah yang masih belum berkenan untuk imunisasi MR karena berkaitan dengan kepercayaan.

Baca: Polisi Ajak Wartawan Berantas Hoax

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan sudah melakukan pertemuan dengan MUI dan Kantor Kementerian Agama. Sosialisasi pun terus dilakukan. Kebetulan secara nasional pun diperpanjang hingga 30 Oktober sebab cakupan nasional baru 48 persen.

Baca: 40 Menit Bupati Malaka dan Danrem 161 Wira Sakti Pantau Wilayah Malaka dari Udara

Jadi kota Kupang tetap mengejar semaksimal mungkin sesuai dengan target awal 100 persen. Tetapi dalam dinamika lapangan ada hal yang harus terus dilakukan.

Hasil dari MUI terkait MR ini, kata dr Ari, fatwanya mubah. Dijalankan ataupun tidak, tidak ada masalah. Namun, diharapkan MR ini mau dijalankan oleh masyarakat.

"Dari hasil pertemuan antara Dinas Kesehatan dengan MUI dan Kementerian Agama telah disosialisasikan ke beberapa sekolah dan kelurahan seperti di Airmata. Pada prinsipnya secara teknis kita pelaksanaanya, sedangkan untuk menginformasikan bahwa itu tidak menjadi suatu permasalahan itu teman-temab dari MUI dan Kementerian Agama," ujarnya.

Kata dr Ari, sisa waktu dua minggu ke depan akan terus mencari dan melakukan sosialisasi. Karena ada beberapa kelompok yang ketika didatangi petugas, tidak berada di tempat. Oleh karena itu Dinas juga bekerja sama dengan ibu-ibu Bhayangkari agar bisa turun ke Asrama Polda, Brimob dan lainnya.

Diakuinya untuk memenuhi target MR ini bersamaan dengan akreditasi Puskesmas. Namun, itu bukanlah suatu alasan. Karena keduanya, baik akreditasi maupun imunisasi MR sama-sama pelayanan.

"Oleh karena itu untuk mencapai target MR makan difokuskan pada Puskesmas
Oesapa, Kupang Kota, Oebobo dan Alak," ujarnya. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved