Berita Kabupaten Ende

Oh Ternyata! Realisasi DAK Kabupaten Ende Baru 48,22 Persen

Realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) sampai dengan bulan Agustus 2018 baru teralisasi sebesar 48,22 dari yang ditargetkan pada APBD

Oh Ternyata! Realisasi DAK Kabupaten Ende Baru 48,22 Persen
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Wakil Bupati Ende,Drs Djafar Achmad Mengikuti Sidang di DPRD Ende. 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE— Realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) sampai dengan bulan Agustus 2018 baru teralisasi sebesar 48,22 dari yang ditargetkan pada APBD TA.2018.

Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan hal itu saat membacakan jawaban pemerintah atas pemandangan umum Fraksi Partai Golkar terhadap nota keuangan atas Rancangan Perda tentang Perubahan APBD Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2018, Jumat (12/10/2018).

Baca: Kegiatan Fisik Bersumber dari DAK di Ende Ternyata Belum Dilelang

Baca: BREAKING NEWS! Asrama Polres TTU Ludes Terbakar

Wabup Djafar mengatakan terhadap pertanyaan Fraksi Partai Golongan Karya, terkait realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK yang sampai dengan bulan Agustus 2018 baru teralisasi sebesar 48,22 dari yang ditargetkan pada APBD TA.2018 pemerintah menjelaskan bahwa realisasi penerimaan Dana Alokasi Khusus sampai dengan bulan Agustus baru mencapai 48.22 persen,

hal ini dikarenakan sistem transfer ke daerah untuk dana Alokasi khusus Tahun Anggaran 2018 berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112 PMK.07 2017 tentang perubahan atas peraturan menteri keuangan nomor 50 PMK.07 2017

tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa, dimana Dana Alokasi Khusus ditransfer melalui beberapa tahap sesuai dengan mekanisme yang telah diatur dalam peraturan Menteri Keuangan tersebut diatas.

Terkait  komponen belanja, Fraksi Partai Golongan Karya yang menyoroti bahwa sampai dengan bulan Agustus 2018 belanja daerah baru terealisasi sebesar 19,70 persen.

Terhadap sorotan yang disampaikan Fraksi Partai Golongan Karya, Pemerintah akan memperhatikan dan berkomitmen sungguh bahwa adanya peningkatan realisasi belanja sampai dengan akhir Tahun Anggaran 2018, hal ini dikarenakan beberapa program dan kegiatan baik fisik maupun non fisik akan dilaksanakan pada triwulan III dan IV. (*)


Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved