Berita Kabupaten Flores Timur

Tiga Atraksi Ini Sudah Bisa Anda Nikmati di Flores Timur Setiap Tahun, Simak!

Sadok Nonga, tinju tradisional salah satu warisan masyarakat agraris Lewotala Desa Bantala Flores Timur-NTT.

Tiga Atraksi Ini Sudah Bisa Anda Nikmati di Flores Timur Setiap Tahun, Simak!
POS KUPANG/FELIKS JANGGU
Atraksi Tenun Tradisional masyarakat Belogili di panggung utama Pantai Leworahan di puncak Festival Nubun Tawa Minggu malam (7/10/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA--Sadok Nonga, tinju tradisional salah satu warisan masyarakat agraris Lewotala Desa Bantala Flores Timur-NTT.

Atraksi tinju ini ditampilkan pada pembukaan festival budaya Nubun Tawa Jumat petang (5/10/2018) di perkampungan Bantala.

Masyarakat Bantala untuk pertama kalinya mementaskan warisan luhur budaya tinju itu di hadapan ribuan masyarakat dari beberapa desa di Kecamatan Lewolema.

Tinju Tradisional Sadok Nonga warisan masyarakat Lewotala Bantala Flores Timur yang dipentaskan Jumat (5/10/2018).
Tinju Tradisional Sadok Nonga warisan masyarakat Lewotala Bantala Flores Timur yang dipentaskan Jumat (5/10/2018). (POS KUPANG/FELIKS JANGGU)

Termasuk Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon dan Wakil Bupati Agustinus Payong Boli. Dua pucuk pimpinan di Flotim setia sampai puncak festival Minggu malam (7/10/2018).

Pusat keramaian bergeser ke tepi pantai Leworahang Desa Ilepadung, masih dalam wilayah Kecamatan Lewolema.

Bupati Anton Hadjon bahkan ikut terlibat saat pentas tinju tradisional di moment pembukaan. Dengan mengumpulkan tenaga yang kuat, Bupati Anton dengan sekali tinju merobek anyaman bakul yang dipegang seseorang.

Demikian juga wakil Bupati Agustinus Payong Boli dan beberapa ASN lingkup setda Flotim. Jadilah atraksi itu pentas massal yang menghibur.

Kepala Desa Bantala Siprianus Rape Liwun menjelaskan tinju tradisional tidak mengadu kekuatan, tapi mempertontonkan kekuatan tenaga seseorang.

Mengapa kekuatan dipertontonkan? Sadok Nonga sebagai ekspresi syukur tertinggi masyarakat tani atas hasil panen, maka kekuatan lengan itu yang dipertontonkan.

Halaman
1234
Penulis: Felix Janggu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved