Berita Kota Kupang

Fakultas Kedokteran Hewan Undana Gelar Studium Generale

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang mengadakan Studium Generale (Kuliah Umum) yang dilaksanakan

Fakultas Kedokteran Hewan Undana Gelar Studium Generale
POS KUPANG.COM/GECIO VIONA
Suasana Studium Generale (Kuliah Umum) yang dilaksanakan di Aula Rektoran Lama Penfui, Kota Kupang, Sabtu (6/10/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang mengadakan Studium Generale (Kuliah Umum) yang dilaksanakan di Aula Rektoran Lama Penfui, Kota Kupang, Sabtu (6/10/2018)

kegiatan itu dilaksanakan dengan kerjasama beberapa komponen yakni Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI, Food and Agrikulture Organisation (FAO), United States Agency for International Development (USAID) dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Baca: PSN Ngada-NTT Imbangi Perslotim, Lombok Timur-NTB

Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut yakni “Integrasi Lintas Sektor Dalam Memerangi Laju Resistensi Antimikroba dan Mengendalikan Penyakit Infeksi Baru melalui Pendekatan One Health”.

tujuan dari kegiatan itu yakni memperkenalkan pentingnya kesadaran dalam penggunaan antimikroba yang bijak dan bertanggung jawab untuk mengendalikan resistensi antimikroba dan mempromosikan kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab profesi dokter hewan dalam menggunakan antimikroba bijak dan bertanggung jawab di sektor peternakan dan kesehatan

Tujuan Selanjutnya yakni melibatkan masyarakat profesi kedokteran hewan dalam mengembangkan inovasi dan pesan kunci yang kreatif terkait kampanye penggunaan antimikroba yang bijak dan bertanggung jawab untuk mengendalikan resistensi antimikroba

serta mendorong masyarakat akademik untuk mengangkat komponen AMU, AMU dan konsep One Health sebagai bagian dari kurikulum ajar mahasiswa kedokteran hewan

terdapat lima pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan itu yakni Drh Ni Made Ria Isriyanthy.,Ph.D ristiani Kasubdin pengawasan hewan direktorat kesehatan hewan Kementan RI yang membawakan materi dengan topik tentang Kebijakan Pengawasan Peredaran Dan Pengunaan Obat Hewan Di Indonesia.

pemateri Kedua yakni, drh. Syamsul Ma’arif, M.Si dari Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner yang membawakan materi dengan topik Kebijakan Pengendalian Resistensi Antimikroba Di Indonesia.

pemateri ketiga dr Harry Paraton SpOG (K), Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) KEMENKES RI yang membawakan materi tentang resistensi antimikroba pada sektor kesehatan

pemateri selanjutnya yakni Dr. drh. Annytha Ina Rohi Detha, M.Si yang membawakan materi tentang peran pendidikan kedokteran hewan dalam memperkuat pemahaman pengendalian penyakit dan resistensi anti mikroba melalui konsep One Health.

Pemateri terakhir yakni drh. Dedi Chandra, M.Si dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sekaligus Dokter Hewan TN Wai Kambas KLHK yang membawakan materi dengan topik Pencegahan dan pengendalian Penyakit/Infeksi Baru Berulang (PIB) dan Zoonosis dengan pendekatan one health di Indonesia.

Dr. drh. Maxs. U. E. Sanam, M.Sc, Wakil Rektor I Bidang Akademik Undana Kupang mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan tersebut karena kegiatan tersebut merupakan satu kerja kolaborasi dari berbagai komponen baik skala nasional dan internasional.

menurutnya kuliah umum tersebut sangat bagus dan berkontribusi bagi mahasiswa dan para akademisi karena membahas isu resistensi antimikroba yang telah menjadi isu global dan harus ditangani secara bersama oleh setiap kelompok kepentingan.

kegiatan itu dibuka drh. Syamsul Ma'arif, M.Si dari Direktorat Kesehatan Masyarakat Veterine dan diikuti oleh civitas akademika FKH Undana, maha beberapa pimpinan fakultas di Undana, para dosen, ratusan mahasiswa Undana dan para tamu undangan. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved