Berita Lembata

Empat Anggota DPRD Lembata di PAW. Ini Prosesnya

DPRD Lembata sedang memroses pergantian antar waktu (PAW) empat anggota Dewan di daerah itu. Proses PAW dilakukan setelah partai

Empat Anggota DPRD Lembata di PAW. Ini Prosesnya
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Sekretaris DPRD Lembata, Burhan Kia 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- DPRD Lembata kini sedang memroses pergantian antar waktu (PAW) empat anggota Dewan di daerah itu. Proses PAW itu dilakukan setelah partai mengajukan usul untuk mem-PAW-kan 4 figur tersebut.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Lembata, Burhan Kia, ketika ditemui Pos Kupang.Com di Lewoleba, Jumat (5/10/2018). Ia mengatakan itu ketika dikonfirmasi soal perkembangan penanganan proses PAW atas 4 anggota Dewan di Lembata.

Dikatakannya, empat partai di Lembata telah mengajukan usul ke DPRD untuk segera memroses PAW tersebut. 4 Partai tersebut, yakni PDIP, PKPI, PAN dan PKB.

PDIP mengusulkan PAW, lanjut dia, karena kader PDIP di Dewan, atas nama Yakobus Liwa, telah meninggal dunia pada Agustus 2018 lalu. Untuk kepentingan itu, pengurus DPC PDIP Lembata juga telah menyerahkan berkas PAW tersebut kepada pimpinan Dewan.

PKPI juga mengusulkan PAW, lanjut dia, karena kader partai itu di DPRD Lembata, yakni Philipus Bediona telah dijebloskan ke penjara pada 3 Agustus 2018 lalu. Sejak dijebloskan ke Lapas Kelas III Lembata, PKPI tak punya lagi kader untuk melaksanakan tugas pargai lembaga terhormal itu. Jadi PAW merupakan solusinya.

Kasus yang sama, lanjut dia, menimpa Ketua DPD PAN Lembata, Fransiskus Limawai atau biasa disapa Ferry Koban. Figur yang satu ini telah dijebloskan ke penjara pada 3 Agustus 2018, karena kasus hukum yang dilakukannya bersama Philipus Bediona.

Lantaran Bediona dan Ferry Koban kini sedang menjalani hukuman di Lapas Lembata, maka Dewan terpaksa memroses PAW oknum tersebut. Apalagi telah ada usul dari PAN untuk mengganti Ferry Koban dengan kader potensial lainnya.

Terakhir, kata dia, proses PAW terhadap Simon Krova lantaran yang bersangkutan telah pindah dari Partai Kesatuan Bangsa (PKB) ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Usulan dari PKB Lembata telah diserahkan ke Dewan, sehingga Dewan segera menindaklajutinya sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.

"Saat ini Dewan sedang memroses PAW terhadap 4 anggota Dewan itu. Dewan juga akan segera menyurati KPUD terkait nama-nama kader partai yang akan menjadi anggota Dewan antar waktu. Jadi kami akan segera memrosesnya sehingga kevakuman di DPRD Lembata akan segera teratasi," ujar Burhan. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved