Berita Lembata

PDIP Serahkan Berkas PAW ke DPRD Lembata! Frans Gewura Ganti Yakobus Liwa

- Pengurus DPC PDIP Lembata menyerahkan berkas usulan PAW anggota DPRD Lembata dari PDIP, kepada pimpinan DPRD setempat.

PDIP Serahkan Berkas PAW ke DPRD Lembata!  Frans Gewura Ganti Yakobus Liwa
Hiyasintus Tibang Burin

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Pengurus DPC PDIP Lembata telah menyerahkan berkas usulan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Lembata dari PDIP, kepada pimpinan DPRD setempat. Berkas PAW itu untuk menggantikan anggota DPRD Lembata, Yakobus Liwa, yang telah meninggal dunia, belum lama ini.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPC PDIP Lembata, Hiyasintus Tibang Burin, ketika ditemui Pos Kupang.Com, Kamis (4/10/2018). "Seluruh berkas PAW sudah kami serahkan ke Dewan. Jadi tinggal Dewan memroses lebih lanjut untuk pergantian antar waktu tersebut," ujarnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Lembata periode 2009-2014 itu, mengatakan, anggota Dewan yang telah meninggal dunia tersebut, akan digantikan oleh Frans Gewura Langobelen. Kader yang satu ini merupakan peraih suara terbanyak kedua setelah Yakobus Liwa.

Oleh karenanya, lanjut Hiyasintus, pihaknya meminta DPRD Lembata untuk segera memroses berkas usulan yang telah diserahkan tersebut. "Saat menyerahkan berkas itu, kami juga menyampaikan harapan ini kepada Dewan. Dan, pimpinan Dewan telah menyanggupinya. Jadi kami harap proses PAW itu berlangsung sebagaimana mestinya," ujar Hiyasintus.

Dikatakannya, proses PAW itu tidak sulit, apalagi kalau semua berkas persyaratan telah dipenuhi. Pihaknya berharap Dewan juga terus mengomunikasikan dengan partai politik lain yang melakukan PAW terhadap terhadap oknum anggota Dewan yang bermasalah.

Dengan begitu, lanjut Hiyasintus, kevakuman beberapa anggota Dewan tersebut segera terisi. Karena pihaknya tidak ingin kekosongan di lembaga legislatif itu berlarut-larut hanya karena urusan administrasi yang terkatung-katung.

Informasi yang dihimpun Pos Kupang.Com menyebutkan, ada 3 anggota DPRD Lembata yang segera di-PAW-kan. Dari tiga anggota Dewan itu, satu di antaranya meninggal dunia karena sakit, yaitu Yakobus Liwa dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sedangkan dua anggota Dewan lainnya, yakni Philipus Bediona dan Fransiskus Limawai atau biasa disapa Ferry Koban juga di-PAW-kan karena tersangkut masalah hukum. Saat ini baik Philipus Bediona dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) maupun Ferry Koban dari PAN, sedang menjalani hukuman di Lapas Kelas III Lembata.

Satu lagi anggota Dewan yang juga sesuai regulasi harus di-PAW-kan karena telah lompat dari partai PKB ke partai PSI saat masa penetapan DCS dan ditetapkan dalam DCT, adalah Simon Krova. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved