Berita NTT Terkini

Penanganan Kasus Calon TKI: Nakertrans NTT atau Polda NTT?

Dinas Nakertrans NTT sudah membuat laporan ke Polda NTT terkait penanganan kasus calon TKI yang ditahan di Bandara El Tari Kupang.

Penanganan Kasus Calon TKI: Nakertrans NTT atau Polda NTT?
ISTIMEWA
Calon TKI di Pos Satgasnaker Bandara El Tari Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dinas Nakertrans NTT mengaku sudah membuat laporan ke Polda NTT terkait penanganan kasus calon TKI yang ditahan di Bandara El Tari Kupang. Sebaliknya pihak Polda NTT mengaku belum menerima laporan tersebut. Lantas siapa yang menangani? Nakertrans NTT atau Polda NTT?

Dalam bulan September 2018 sampai 3 Oktober 2018 jumlah calon TKI yang dicekal di Bandara El Tari Kupang, NTT mencapai 536 orang.

Dari hasil pemeriksaan Satgaspam Bandara El Tari dan Satgasnaker ditemukan berbagai fakta yang patut mendapat penyelidikan lebih lanjut oleh pihak kepolisian.

Baca: Ada yang Jual Bawang Malam Hari di Pasar Alok

Pertama, dari pengakuan beberapa calon TKI yang menggunakan identitas palsu (KTP), ada oknum tertentu yang melayani pembuatan KTP palsu. Bayaran pembuatan KTP palsu per orang senilai Rp 400 ribu.

Selain itu ada yang mengaku bahwa mereka meminjam KTP palsu sanak keluarga mereka. Dengan demikian identitas yang tertera di KTP bukan identitas mereka.

Baca: Kominfo NTT Gelar Nonton Bareng Film Sejarah Perjalanan Gubernur NTT di Betun, Malaka

Kedua, ada calon TKI yang mengaku bahwa mereka dipaksa oleh oknum tertentu untuk berangkat ke luar negeri menjadi TKI. Para calon TKI terpaksa mengiyakan karena diteror dengan berbagai ancaman.

Ketiga, beberapa calon TKI ada yang masih di bawah umur. Mereka dikendalikan oleh oknum tertentu supaya bisa mendapatkan KTP atau dokumen lainnya.

Kepala Bidang PHI dan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT, Thomas Suban Hoda, saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, Rabu (3/10/2018), membenarkan ada fakta-fakta sebagaimana yang disebutkan di atas. Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah membuat laporan ke Polda NTT.

Namun, berdasarkan keterangan dari Rudy Ledo, Kasubdit TTPO Polda NTT, saat dihubungi POS-KUPANG.COM, pihak Polda belum menerima laporan apapun dari Disnakertrans.

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved