Berita Kota Kupang

Disnakertrans Provinsi NTT Minta Aparat Desa Awasi Perekrutan Calon TKI

Disnakertrans Provinsi NTT Minta Aparat Desa Awasi Perekrutan Calon TKI

Disnakertrans Provinsi NTT Minta Aparat Desa Awasi Perekrutan Calon TKI
POS KUPANG/LAUS MARKUS GOTI
Para calon TKI didampingi Satgaspam dan Satgasnaker Bandara El Tari Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Disnakertans Provinsi NTT melalui Kepala Bidang PHI dan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT, Thomas Suban Hoda meminta aparat desa di NTT mengawasi perekrutan para calon TKI di desa masing-masing.

Hal tersebut ditegaskan Disnakertrans Provinsi NTT, menyusul meningkatnya jumlah calon TKI non-prosedural yang diamankan oleh pihak Satgaspam dalam koordinasi dengan Satgasnaker.

Thomas, saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, pada Rabu (3/10/2018) menjelaskan jumlah calon TKI non-prosedural yang dicekal selama bulan September sampai dengan 3/10/2018 mencapai 536 calon TKI.

Untuk itu Disnakertrans NTT, kata Thomas, meminta peran aktif dan kerja sama dari setiap instansi terkait di kabupaten dan sampai pada aparat desa agar saling membantu mengawasi perekrutan calon TKI.

"Kita tentu sangat berharap bahwa jangan ada lagi calon TKI non-prosedural. Jadi butuh kerja sama seperti yang saya jelaskan tadi," ungkapnya.

Thomas mengatakan berdasarkan laporan yang ia terima Satgasnaker Bandara El Tari Kupang, hampir setiap hari ada pencekalan di Bandara.

Para calon TKI tersebut, kata dia, lalu dibina di kantor Disnakertrans oleh para petugas dan dipulangkan ke kampung halaman mereka masing-masing.

Ia menambahkan, jika pihaknya menemukan bahwa ada hal-hal yang patut mendapat penyelidikan lebih terkait  perekrutan calon TKI, maka mereka akan berkoordinasi atau melimpahkan ke Polda NTT. (*)


 

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved