Berita Lembata

Tahun Depan Lembata Mandiri Telur Ayam

Mulai tahun 2019 abupaten Lembata mandiri telur ayam. Telur ayam akan diproduksi peternak di daerah itu demi kebutuhan masyarakat

Tahun Depan Lembata Mandiri Telur Ayam
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Kandang untuk ayam petelur yang dipamerkan Dinas Peternakan Kabupaten Lembata saat Festival 3 Gunung di Bukit Cinta. Gambar diabadikan, Sabtu (29/9/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Mulai tahun 2019 nanti, Kabupaten Lembata akan mandiri telur ayam. Telur ayam itu akan diproduksi sendiri oleh para peternak di daerah tersebut demi kebutuhan masyarakat setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lembata, Kanisius Tuaq mengatakan hal tersebut kepada Pos Kupang.Com di Lewoleba, Minggu (30/9/2018).

Kanis mengatakan hal tersebut ketika dikonfirmasi Pos Kupang.Com terkait keberlanjutan rencana pemerintah kabupaten setempat menyiapkan persediaan telur ayam bagi kebutuhan masyarakat di daerah tersebut.

Baca: Gubernur NTT Viktor Laiskodat Kunjungi Pantai Wisata Wade

"Sampai sekarang Lembata masih menggantungkan kebutuhan telur ayam dengan memasoknya dari luar, terutama dari Jawa. Hal itu memang baik namun kerap juga menimbulkan risiko bagi masyarakat. Kondisi ini harus diatasi dengan mengedepankan rencana untuk memproduksi sendiri telur ayam di daerah ini," ujar Kanis.

Saat ini, katanya, pihaknya sedang berkoordinasi dengan semua camat di Lembata untuk mengidentifikasi lokasi yang cocok bagi pemeliharaan ayam petelur di wilayah masing-masing. Bila lokasi itu telah ditentukan maka langkah berikutnya adalah menyiapkan warga yang hendak beternak ayam petelur.

Khusus di Lewoleba, lanjut Kanis, telah ada pengusaha yang khusus menggeluti usaha ayam petelur. Pengusaha itu pun telah berpengalaman, sehingga bila didampingi lagi oleh pemerintah maka usaha yang ditekuni itu tentu akan berkembang lebih bagus.

Di Lewoleba, katanya, komunikasi dengan pengusaha ayam petelur itu telah dilakukan. Pengusaha juga sudah siap sehingga tinggal menunggu waktu yang tepat untuk memulai usaha menjadikan Lembata mandiri telur ayam. (*)



Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved