Berita Kabupaten Sumba Barat

Pasca Kebakaran! Aktivitas Warga Kampung Bondo Maroto-Sumba Barat Berangsur Pulih

Masyarakat membangun kembali rumah tinggal sementara dipinggir kampung dengan bermodalkan bantuan pemerintah dan bantuan pihak

Pasca Kebakaran! Aktivitas Warga Kampung Bondo Maroto-Sumba Barat Berangsur Pulih
pos kupang.com, petrus piter
Ilustrasi: Suasana warga membangun tenda darurat sekeliking kampunh Bondo Naroto, Sumba Barat, untuk tinggal sementara 

 Laporan Wartawan Pos-kupang.com, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, TAMBOLAKA---Aktivitas kehidupan masyarakat Kampung adat Bondo Maroto di Desa Kelembu Kuni, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat berangsur pulih paskah kebakaran kampumg tersebut, Selasa (11/9/2017).

Masyarakat mulai membangun kembali rumah tinggal sementara dipinggir kampung dengan bermodalkan bantuan pemerintah dan bantuan pihak ketiga seperti seng, semen, tripleks dan paku serta bantuan lainnya.

Beberapa warga Kampung Bondo Maroto, Desa Kelembu Kuni, Kecamatan Kota Waikabubak, Sumba Barat yang ditemui pos-kupang, Minggu (30/9/2018) diantaranya
Lali Pora, Rowa Dima, Kula Sebu, Lato Toda, Rua Sengu dan Laiya Bili, mengaku, baru menyelesaikan pembangunan rumah tinggal sementara dipinggir kampung sekitar 2-3 hari lalu. Bahkan ada warga yang belum selesai membangun. Sebagian warga masih tinggal di tenda-tenda darurat.

Meski demikian, mereka mengaku, sedikit lebih legah karena sudah memiliki tempat tinggal lebih aman dari sebelumnya hanya beratapkan terpal saja. Saat ini telah memiliki rumah sendiri meskipun rumah sederhana.

Sementara itu untuk membangun kembali rumah adat, demikian Lali Pora, Roma Dima dan Laiya Bili, harus membutuhkan waktu lama. Selain mempersiapkan bahan bangunan juga persiapan anggaran menjalankan ritual adat proses pembangunan hingga selesai. Anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit.

Karena itu warga sangat berharap adanya perhatian pemerintah dan DPRD Kabupaten Sumba Barat untuk mengalokasikan anggaran membangun kembali rumah adat kampung Bondo Maroto. (Pet)

Foto suasana warga Kampung Bondo Maroto, Desa Kelembu Kuni, Sumba Barat, sedang membereskan rumah, membuat tambur mengganti tambur yang terbakar dan aktivitas lainnya.

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved