Berita Tsunami Palu

Korban Gempa Palu Kesulitan Dapat Air Bersih

Warga Kota Palu kesulitan mencari air bersih pascagempa besar Jaringan pipa air bersih banyak yang putus dan menyebabkan kebocoran.

Korban Gempa Palu Kesulitan Dapat Air Bersih
KOMPAS.com/AFP PHOTO / MUHAMMAD RIFKI
Warga menyelamatkan barang-barang milik mereka, Sabtu (29/9.2018), setelah gempa bumi dan tsunami melanda Palu, Sulawesi Tengah, Jumat sehari sebelumnya. 

POS-KUPANG.COM | PALU - Warga Kota Palu kesulitan mencari air bersih pascagempa besar Jaringan pipa air bersih banyak yang putus dan menyebabkan kebocoran. Akibatnya sebagian masyarakat kesulitan mencari air bersih.

"Saya hanya bisa menampung air dari bocoran pipa," kata Ishak, warga Palu, Minggu (30/9/2018).

Ishak mengaku tidak ada yang bisa diharapkan dalam kondisi seperti ini. Ia terpaksa membawa wadah penampung untuk mengumpulkan ceceran air di bocoran pipa.

Baca: Selesai Dirawat di Makassar, Korban Gempa Palu Mengungsi ke Surabaya

"Kami harus berhemat air yang ada. Kami tidak tahu sampai kapan kondisi ini berakhir," kata Inge Lestari, warga kompleka Palupi.

Di beberapa titik jaringan air bocor dan air tumpah menggenangi selokan. Belum ada upaya perbaikan untuk mengatasi masalah ini.

Baca: Pasca-gempa 7,7 Magnitudo, Semburan Api Muncul di Mamuju Tengah

Kepala Pusat Data Informasi, dan Humas BNBP Sutopo Purwo Nugroho juga mengatakan air bersih menjadi kebutuhan mendesak di Palu.

"Air berubah keruh, kering, sehingga tidak bisa dikonsumsi. air bersih jadi kebutuhan mendesak untuk masyakat Palu," Kata Sutopo. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved