Berita Kabupaten Nagekeo Terkini

Di Nagekeo Ada Sekolah yang Menolak Imunisasi MR

Imunisasi Measles Rubella sudah dilaksanakan di Nagekeo selama 2 bulan lebih sejak Agustus hingga September 2018.

Di Nagekeo Ada Sekolah yang Menolak Imunisasi MR
ISTIMEWA
Sekretaris Dinkes Nagekeo, Rufus Raga, S.Si 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY - Imunisasi Measles Rubella (MR) yang merupakan program nasional sudah dilaksanakan di Nagekeo selama 2 bulan lebih sejak Agustus hingga September 2018.

"Pelaksanaan bulan Agustus difokuskan bagi anak-anak di sekolah-sekolah mulai dari Kober / TKK, SD. SLTP dan SLTA dengan usia 6 tahun sampai kurang dari 15 tahun. Sedangkan usia 9 bulan dan yang drop out dilaksanakan di Posyandu pada September 2018," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Nagekeo, Rufus Raga, S.Si, kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (29/9/2018).

Ia menjelaskan, sampai keadaan 24 September 2018, pelayanan imunisasi MR di Sekolah dan Poyandu berjumlah 39.469 orang atau 91,10 % dari sasaran 43.326 orang.

Baca: Stok BBM Kosong Pasca-gempa, Antrean Kendaraan Mengular

Ia mengungkapkan, pemberian imunisasi di sekolah sebagian besar sudah dilaksanakan dan yang sisanya dilakukan sweeping misalnya karena sakit atau tidak hadir pada saat jadwal pemberian imunisasi.

Baca: Ini Ungkapan Hati Peserta Try Out Seleksi CPNS di Nagekeo

"Ada beberapa sekolah Madrasah yang menolak diberikan imunisasi MR karena masih meragukan ke-halal-an vaksin meskipun sudah ada fatwah MUI yang ditetapkan di Jakarta tanggal 20 Agustus 2018 yang menyatakan bahwa, Penggunaan Vaksin MR produk dari Serum Institute of India pada saat ini dibolehkan (mubah) karena ada kondisi keterpaksaan (dlaruratsyar'iyyah), belum ditemukan vaksin MR yang halal dan suci, ada keterangan dari ahli yang kompeten dan dipercaya tentang bahaya yang ditimbulkan akibat tidak diimunisasi dan belum adanya vaksin yang halal," ujar Rufus.

Rufus nggan menyebutkan nama sekolah yang menolak diberikan imunisasi MR kepada siswa-siswinya.

Ia mengatakan pemberian imunisasi di Posyandu dilaksanakan sesuai jadwal Posyandu pada masing - masing Pukesmas di setiap desa.

"Masyarakat dihimbau agar mengantar anaknya ke Posyandu untuk mendapatkan imunisasi MR. Vaksin MR masih tersedia di masing-masing Puskesmas," papar Rufus. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved