Berita Kabupaten Manggarai Timur

Minsi Anam Ingin Borong Jadi Kota Sepeda. Ini Yang Mulai Dilakukan !

Frumensius Anam alias Minsi Anam, Ketua Komunitas Sepeda Borong (KSB) ingin Kota Borong menjadi Kota Sepeda.

Minsi Anam Ingin Borong Jadi Kota Sepeda. Ini Yang Mulai Dilakukan !
POS KUPANG/ARIS NINU
Kegiatan Komunitas Sepeda Borong

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM|BORONG--Frumensius Anam alias Minsi Anam, Ketua Komunitas Sepeda Borong (KSB) ingin Kota Borong menjadi Kota Sepeda.

Keinginan Minsi itu mulai dikampanyekan dengan mengajak anak-anak hingga orang dewasa bersepeda, Kamis (27/9/2018) pagi berkeliling Kota Borong.

Tujuannya agar masyarakat. Borong bisa bersepeda setiap hari dan hidup sehat.

Apalagi, kata Minsi, dampak dari Tour de Flores (TdF) sebanyak dua kali sudah mulai membuat warga bersepeda setiap hari.

Menyikapi fenomena warga mulai bersepeda, Minsi, yang juga anggota DPRD Matim dalam pers releasenya kepada POS-KUPANG.COM di Borong, Jumat (28/9/2018) pagi menjelaskan, tahap awalnya KSB mulai menggandeng semua pesepeda melakukan sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi tersebut, ujarnya, melibatkan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Matim.

Minsi menambahkan, KSB itu dibentuk atas keterpanggilan dalam hobi yang sama dan kegembiraan serta kesenangan yang sama. Tentu anggota KSB dari profesi yang berbeda, yakni ada dari Polisi, pengusaha, NGO, Politisi, ASN, pegawe bank dan masyarakat umum lainya.

Menurut Minsi, Visi KSB itu sendiri yakni menjadikan Borong sebagai kota sepeda. Selama ini aktivitas olahraga bersepeda yang dilakukan KSB yakni setiap hari Sabtu pagi hari yakni Rabu sore dan Minggu sore.

"Ada juga kegiatan sosial juga yang pernah dilakukan komunitas itu. yakni memberi sumbangan bagi anak-anak sekolah dari keluarga miskin. Kami menyumbang berupa buku, alat-alat tulis dan pakaian seragam. Komunitas ini baru kami bentuk dan ke. depan kami akan rencana buat akte komunitas dan selanjutnya lapor ke Badan Kesbangpolinmas. Dengan begitu komunitas ini ada legalitasnya. Kami juga akan banyak melakukan kegiatan sosial bila kelembagaan sudah permanen dan sudah punya legalitas," papar Minsi.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Matim, Ming Silvester kepada POS-KUPANG.COM di Borong menjelaskan, pada kegiatan sosialisasi, Kamis (27/9/2018) pagi diikuti 91 orang anak-anak dengan kategori putera berusia 9-11 tahun 34 orang dan putera usia 12-15 ada 35 orang.

Selain itu, kelompok puteri dengan kategori usia 9-11 ada 13 orang dan kategori putri berusia 12-15 ada 9 orang.

"Semua peserta berasal dari sejumlah sekolah SD dan SMP yang ada dalam kota Borong. Kegiatan diselenggarakan menjawabi kegiatan lanjut dari TDF untuk promosi pariwisata dan rekreasi juga olahraga kesehatan bugar. Ini kegiatan pertama yang kita selenggarakan di Matim. Tujuan kita selenggarakan, secara tidak langsung kita mau kampanye untuk berolahragalah dengan sepeda. Sepeda ini juga transportasi yang bebas polusi. Saya juga melihat setelah dua kali ada even TDF banyak orang gemar bersepeda," ujar Ming.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved