Berita Kabupaten Malaka Terkini

Tim Akreditasi Puskesmas Lakukan Survei di Puskesmas Uabau dan Nurobo

Tim Surveyor Kemenkes RI melakukan survei dalam rangka akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertam di Puskesmas Uabau dan Puskesmas Nurobo

Tim Akreditasi Puskesmas Lakukan Survei di Puskesmas Uabau dan Nurobo
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Komite Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) saat melakukan survei di Puskesmas Uabau dan Nurobo, Kabupaten Malaka, Rabu (26/9/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | BETUN - Tim Surveyor Kementerian Kesehatan RI melakukan survei dalam rangka akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertam di Puskesmas Uabau dan Puskesmas Nurobo, Kecamatan Laenmanen, Kabupaten Malaka, Rabu (26/9/2018).

Acara pembukaan survei ini dilakukan di masing-masing puskesmas yang dihadiri tim dari Dinas Kesehatan Malaka, tim surveyor dari Kementrian Kesehatan RI, kepala puskesmas, pemerintah kecamatan dan kepala desa dan para petugas medis.

Tujuan dari akreditasi puskesmas adalah untuk meningkatkan status puskesmas serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Sebab mutu pelayanan kesehatan harus dilihat dari berbagai aspek sehingga aspek-aspek tersebut dilakukan survei sebelum diakreditasi.

Baca: 389 Caleg Rebut 30 Kursi di DPRD Manggarai Timur

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalis Frida Fahik kepada wartawan, Rabu (26/9/2018) mengatakan, dalam rangka akreditasi tersebut ada tiga komponen yang menjadi penilaian yakni pertama, administrasi dan manejemen, kedua upaya kesehatan masyarakaty (UKM), dan ketiga, upaya kesehatan perorangan (UKP).

Baca: Ruas Jalan Lewe-Mukun Rusak Berat, Begini Keluhan Pengguna Jalan

Menurut Frida, di Kabupaten Malaka ada empat puskesmas yang dilakukan survei yaitu Puskesmas Fahiluka, Puskesmas Kaputu, Puskesmas Uabau dan Puskesmas Nurobo.

Puskesmas tersebut disurvei oleh lembaga independe yang disahkan oleh Kementerian Kesehatan yang dinamakan Komite Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Dalam kegiatan ini, setiap puskesmas disurvei oleh tiga orang (suveyor). Hasil survei akan dinilai dan diputuskan oleh tim komite FKTP dan selanjutnya disampaikan kembali ke dinas. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved