Breaking News:

Berita Kota Kupang Terkini

Dokter Yudith Sebut Rujukan Online Memudahkan Pasien dan Fasilitas Kesehatan

BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi dan menciptakan produk-produk yang dapat memberikan kemudahan dan manfaat lebih bagi masyarakat.

Penulis: Ryan Nong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Direktur RS Kartini, Dr. Yudith Marieta Kota, MKes 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada peserta, BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi dan menciptakan produk-produk yang dapat memberikan kemudahan dan manfaat lebih bagi masyarakat.

Saat ini, untuk menjawab perkembangan teknologoi informasi dan telekomunikasi BPJS Kesehatatan meluncurkan aplikasi Mobile JKN atau BPJS online.

Lewat aplikasi tersebut masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama 9FKTL) maupun di Fasilitas kesehatan Tingkat Lanjut (FKTL) dengan system online.

Baca: Seribu Payung Memayungi Bukit Cinta Lewoleba

Banyak kemudahan yang diperoleh, seperti memudahkan tagihan dan mengecek beragam informasi seputar program JKN, juga pendaftaran pelayanan di FKTP secara online dan system rujukan online.

Sehingga, FKTP yang telah terhubung jaringan internet diwajibkan untuk menerapkan system rujukan online yang terkoneksi dengan system yang ada pada rumah sakit (FKTL).

Direktur RS Kartini Kupang, dr. Yudith Marieta Kota (56) kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (26/9/2018) mengungkapkan penilaian yang positif terhadap penerapan system online dalam rujuakan yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan ini.

Dokter yang juga merupakan Sekretaris Persi NTT ini menilai system online yang diwajibkan untuk diterapkan oleh semua FKTP dan FKTL di Kota Kupang ini memiliki keunggulan sekaligus kentungan baik bagi fasilitas kesehatan maupun bagi pasien.

Meski baru beberap minggu diterapkan, namun menurut dokter yang merupakan pensiunan ASN ini, system online yang dikembangkan termasuk dengan system rujukan online bernilai positif dan membawa kemudahan.

"Yang pertama yang berhubungan rumah sakit itu, menghilangkan fotokopi, jadi kita tidak lagi berurusan dengan foto kopi, artinya itu meminimalkan biaya fotocopy alias zerofotocopy, karena dengan system online itu, saat kita klik secara otomatis akan masuk di sistim," papar Yudith.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved