Berita Kabupaten Malaka Terkini

Sosialisasi Program Inovasi Desa di Malaka Diwarnai Debat Kusir

Kegiatan sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) tingkat Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, diwarnai debat kusir antara peserta kegiatan.

Sosialisasi Program Inovasi Desa di Malaka Diwarnai Debat Kusir
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Peserta sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) tingkat Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, di Glori Hall, Malaka, Selasa (25/9/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | BETUN - Kegiatan sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) tingkat Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, diwarnai debat kusir antara peserta kegiatan.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Glori Hall, Malaka, Selasa (25/9/2018) ini dihadiri para camat, kepala desa, pendampingi desa dan tenaga ahli.

Informasi yang dihimpun POS- KUPANG.COM, debat kusir sesama peserta sosialisasi ini terjadi saat sesi diskusi. Dalam sesi diskusi, peserta diberi kesempatan untuk memberikan ide, gagasan atau pikiran yang berkaitan dengan inovasi desa.

Baca: Petani dan Penyuluh THL Panen Jagung di Demplot Atokama Gunakan Mesin Panen

Saat Kepala Desa Raimataus, Kecamatan Malaka Barat memberikan pikiran dan ide yang diduga terlalu lama dan sudah berbicara di luar konteks utama, tiba-tiba Kepala Desa Lorotolus, Kecamatan Wewiku melakukan interupsi. Hal ini membuat kepala desa Raimataus tidak terima sehingga terjadi perdebatan kusir yang membuat suasana dialog menjadi keruh.

Baca: Nuntio Ceriah Dikalungi Tenun Ikat Sikka

Suasana diskusi kembali normal setelah panitia menenangkan peserta untuk kembali duduk dengan tertib di kursi masing-masing.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Malaka, Agustinus Nahak, saat dikonfirmasi POS-KUPANG.COM mengatakan, dirinya sangat menyanyangi kejadian tersebut.

Menurut Agustinus, kejadian debat kusir peserta tersebut lantaran kesalahpahaman di antara peserta. Kemudian peserta menyampaikan pertanyaan di luar dari materi.

"Kejadian ini bukan perkelahian tetapi perdebatan karena salah paham. Mereka sampaikan pertanyaan yang bukan berkaitan dengan materi," kata Agustinus.

Menurut Agustinus, sosialisasi Program Inovasi Desa merupakan kegiatan dari provinsi yang dipercayakan kepada Dinas PMD Kabupaten Malaka untuk melakukan sosialisasi.

Program Inovasi Desa ini masih dalam tahap sosialisasi sehingga setelah mengikuti kegiatan tersebut, para kepala desa diharapkan bisa melakukan program inovasi di desa masing-masing demi kesejahteraan masyarakatnya.

Dalam melakukan inovasi, para kepala desa di Malaka bisa belajar dari daerah lain yang sudah berhasil dengan program inovasi. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved