Berita Kabupaten Manggarai

Bupati Kamelus! Tidak Ada Penyelewengan Dana Bencana Alam di Kabupaten Manggarai

menggunakan dana bencana alam dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bukan untuk membiaya pekerjaan konstruksi di lokasi

Bupati Kamelus!  Tidak Ada Penyelewengan Dana Bencana Alam di Kabupaten Manggarai
aris
Bupati Manggarai Deno Kamelus

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Belum lama ini ada media yang memberitakan adanya laporan anggota DPRD Kabupaten Manggarai Marsel Ahang ke KPK.

Anggota DPRD asal Kecamatan Ruteng tersebut melaporkan Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH, MH dengan tuduhan telah melakukan penyalahgunaan dana bencana alam.

Menurut Marsel, Bupati Kamelus, menggunakan dana bencana alam dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bukan untuk membiaya pekerjaan konstruksi di lokasi bencana.

"Separuh dari proyek yang ditenderkan tersebut bukan merupakan proyek bencana alam, melainkan proyek infrastruktur yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan bencana alam,” tutur Ahang sebagaimana dilansir sejumlah media.

Menanggapi tudingan tersebut, Bupati Kamelus, menegaskan, tidak ada aturan yang dilanggar dalam pengelolaan dana bencana alam tahun 2018 di Kabupaten Manggarai.

"Tidak ada penyalahgunaan wewenang dan karenanya tidak ada korupsi dalam pengelolaan dana bencana," terang Bupati Kamelus dalam pers releasenya kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng, Selasa (25/9/2018) siang.

Baca: Ini Alasan Kenapa Ketua PSSI Edy Rahmayadi Marah saat Wawancara Live KompasTV, Saya Pusing

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Manggarai Drs. Liber Habut mengatakan, kalau apa yang dilaporan Marsel Ahang sama sekali tidak kuat.

"Semua kegiatan fisik pasca bencana tidak berasal dari luar proposal pengusulan pasca bencana. Verifikasi berulang dan dengan kajian teknis telah dilakukan berdasarkan regulasi," jelas Liber.

Dijelaskannya, BNPB telah menyetujui semua kegiatan fisik pasca bencana di Kabupaten Manggarai, melalui asistensi Tim BNPB dan Tim BPBD Kabupaten Manggarai di Diklat BNPB di Sentul, Bogor Jawa Barat.

Halaman
12
Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved