Berita Kabupaten TTS

PPP Buka Awal Dana Kampanye Dengan Rp.100.000

Dari 16 Parpol memasukan LADK, Partai Persatuan Pembangunan merupakan parpol memulai saldo dana kampanye terkecil, Rp.100.000.

PPP Buka Awal Dana Kampanye Dengan Rp.100.000
POS KUPANG.COM/DION KOTA
Komisoner, KPU Kabupaten TTS, Yulius Efendi Litelnoni 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POS KUPANG.COM, SOE – Sebanyak 16 Partai Politik ( Parpol) yang bertarung pada pemilu 2019 mendatang telah memasukan laporan awal dana kampanyenya (LADK) ke KPU Kabupaten TTS, Minggu ( 23/9/2018) kemarin.

Dari 16 Parpol yang memasukan LADK nya, Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) merupakan Parpol yang memulai saldo dana kampanye terkecil, yaitu Rp.100.000.

Hal ini diungkapkan komisoner KPU Kabupaten TTS, Yulius Efendi Litelnoni kepada pos kupang, Senin (24/9/2018) di ruang kerjanya. Yulius mengatakan, hingga batas terakhir pemasukan LADK, 16 Parpol sudah memasukan laporannya.

Besaran dana awal kampanye setiap Parpol berbeda-beda, ulai dari Rp.100.000 hingga 95 juta. Untuk dana awal kampanye terkecil dipegang PPP dan terbesar Partai Hanura dengan 95 juta.

Baca: Warga Bergotong-Royong Padamkan Api Di Gunung Ebulobo

Baca: Kenshi Manggarai Mendulang Tiga Emas di Kejurnas Kempo di Yogyakarta

" Untuk TTS semua Parpol sudah masukan LADK nya dan sementara kami periksa kelengkapannya. Sejauh ini dari hasil pemeriksaan belum ditemukan adanya kekurangan. Jika ada kekurangan, KPU masih memberikan waktu 5 hari untuk dilengkapi kekurangannya sebelum diumumkan kepada masyarakat umum pada 28 September mendatang," ungkap Yulius.

Dana kampanye tersebut, lanjut Yulius akan terus bertambah seiring dengan masukannya sumbangan baik dari perorang, kelompok maupun badan usaha non pemerintah. Sesuai regulasi, sumbangan perorangan dibatasi hingga angka 2,5 miliar.

Sedangkan untuk kelompok dan badan usaha non pemerintah dibatasi besaran sumbangan kampanye hingga 25 miliar. Sedangkan bagi pihak asing dan BUMN dilarang untuk memberikan sumbangan dana kampanye.

" Tanggal 2 Januari mendatang Parpol akan melaporkan penerimaan dan pengeluaran dana kampanyenya. Jadi terhitung sejak tanggal 23 September seluruh dana yang masuk dan digunakan untuk kepentingan kampanye harus dibukukan untuk dipertanggungjawabkan pada 2 Januari mendatang," jelasnya.

Terkait pelaksanaan kampanye damai dan anti hoax tingkat kabupaten TTS, Yulius mengatakan, pelaksanaan kampanye damai sudah berlangsung pada minggu kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, 16 Parpol sudah menandatangi kesepakatan kampanye damai dan anti hoax. Selain itu, tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden, Jokowi - Amin dan Prabowo- Sandi sudah mendaftarkan nama-nama tim pelaksana kampanye dan akun media sosial KPU. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved