Berita Headline Pos Kupang

Kepala Daerah di NTT Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Masa kampanye Pemilu 2019 dimulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Sejumlah kepala daerah di NTT menegaskan mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Kepala Daerah di NTT Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin
TRIBUNNEWS
Calon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto tampak akrab saat menghadiri acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (23/9/2018). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kampanye Pemilu 2019 dibuka Minggu (23/9/2018), ditandai pelepasan balon oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman. Masa kampanye akan berlangsung hingga 13 April 2019. Sementara sejumlah kepala daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) menegaskan mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Acara deklarasi kampanye damai berlangsung di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat itu dihadiri Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Joko Widodo-KH. Ma'ruf Amin, dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Sehari sebelumnya, deklarasi kampanye damai tingkat Provinsi NTT.

Pemilu 2019 merupakan pemilu serentak karena pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota DPD, DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota dilakukan bersamaan. "KPU RI menyatakan dimulainya kampanye damai Pemilu serentak tahun 2019," ujar Arief.

Baca: Dana Awal Kampanye Jokowi-Maruf Lebih Besar dari Prabowo-Sandiaga, Ini Nilainya

Pada kesempatan itu, Jokowi-Ma'ruf Amin, dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mengucapkan janji kampanye damai. Deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 dibacakan oleh Arief Budiman, yang diikuti oleh ketua umum parpol.

Ada tiga butir deklarasi kampanye damai. Pertama, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Kedua, melaksanakan kampanye Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang. Ketiga, melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca: Komunitas Juang Relawan Jokowi Tolak Hastag 2019 Ganti Presiden

Setelah pengucapan ikrar deklarasi kampanye damai Pemilu 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga melepaskan burung merpati. Selanjutnya melakukan karnaval.

Jokowi-Ma'ruf Amin, serta Prabowo-Sandiaga naik mobil golf untuk melakukan karnaval dan arak-arakan di kawasan Monas. Rombongan pasangan calon kemudian diikuti oleh para pengurus partai politik (parpol) peserta Pemilu yang juga menampilkan budaya dan pakaian adat.

Jokowi mengemudikan mobil golf sebelum menuju titik awal karnaval kampanye damai. Cawapres Ma'ruf Amin, Ketua TKN (Tim Kampanye Nasional), Erick Thohir, dan Direktur Kampanye TKN, Aria Bima menjadi penumpang mobil tersebut.

Dalam pidato pembukaan, Arief meminta seluruh tim pasangan capres dan cawapres memanfaatkan masa kampanye untuk mengenalkan visi-visi, program atau citra diri masing-masing calon kepada pemilih.

Baca: Ini Rincian Penggunaan Dana Awal Kampanye Jokowi-Maruf Rp 11 Miliar, Apa Saja?

Menurutnya, masa kampanye seharusnya menjadi ajang pendidikan politik kepada pemilih. Dengan demikian, diharapkan tingkat partisipasi pemilih dalam pemungutan suara dapat meningkat.

Halaman
1234
Editor: Alfons Nedabang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved