Berita Kabupaten TTU Terkini

Satgas Yonif 715/MTL Gelar Operasi Katarak Gratis di Perbatasan

Sebelum masa tugas berakhir, Satuan Yonif 715/MTL kembali melaksanakan Bhakti sosial operasi katarak yang kedua.

Satgas Yonif 715/MTL Gelar Operasi Katarak Gratis di Perbatasan
ISTIMEWA
Para dokter sedang melakukan operasi mata pasien di Pos Wini, Desa Humus, Jumat dan Sabtu (21-22/9/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Sebelum masa tugas berakhir, Satuan Yonif 715/MTL kembali melaksanakan Bhakti sosial operasi katarak yang kedua. Kegiatan Bhakti sosial kali ini dilakukan di Pos WIni, Desa Humus C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi NTT.

Guna kesuksesan kegiatan tersebut, Yonif 715, bersama Kodim dan Polres TTU menggandeng Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) dan Yayasan Matahati serta didukung oleh tim medis handal dan berlangsung selama dua hari yakni mulai dari, Jumad dan Sabtu (21-22/9/2018).

Komandan Satgas pamtas RI-RDTL Sektor barat, Letkol Inf Farid Yudis Purwanto menyampaikan, bahwa operasi katarak dilakukan yang kedua kalinya dalam rangka memperingati HUT TNI ke 73 dengan membangun sinergitas TNI Polri beserta instansi terkait untuk membantu masyarakat yang tidak mempunyai kemampuan dalam melakukan operasi mata.

Baca: Festival Seni Anak Manggarai untuk Wujudkan Seni Bebas Berkarya Anak Marginal

"Kehadiran kami diharapkan dapat membantu menekan jumlah masyarakat yang memiliki sakit katarak yang dampaknya bisa menjadi kebutaan," ungkap Yudis Purwanto.

Lebih lanjut, jelas Yudis, dari 278 pasien yang ingin mendapatkan pelayanan operasi, yang terdiagnosa menderita katarak hanya 56 orang, namun saat pelaksanaan hanya 45 orang yang dioperasi.

Baca: Jokowi Sebut Prabowo-Sandiaga Sahabat Lama, Ini Kata PDI-P

"Sedangkan 11 orang lainnya tidak dioperasi karena mereka menyampaikan takut untuk dioperasi," ungkap Yudis.

Pelaksanaan operasi katarak itu sendiri diketuai oleh dr. Eunike Cahyaningsih, Sp.M. dr. Eunike bersama dengan tim diantaranua Dr. Novy Yappy, Sp.M, Dr.Jason Anthony Wibowo, Dr. Lia Fristka, Syarifah Eddy, STT, Amzy Syamsiah, Dekri, Lena.

dr. Eunike mengharapkan, kegiatan operasi katarak bisa berlanjut seterusnya sehingga pihaknya dapat memberikan bakti mereka sebagai Dokter Mata kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya penderita sakit mata.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Yonif 715/MTL yang sudah menfasilitasi kegiatan ini hingga terlaksana dengan sukses." ucap dr. Eunike Cahyaningsih, Sp.M. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved