Berita Kabupaten Nagekeo

P2TP2A Nagekeo Gelar Sosialisasi dan Bentuk KP2AC Di Kecamatan Aesesa

Pembentukan KP2AC sangat penting. Mengingat banyak persoalan yang selama ini dialami oleh perempuan dan anak

POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Suasana kegiatan sosialisasi dan pembentukan KP2AC di Aula Kantor Aesesa Kabupaten Nagekeo, Jumat (21/9/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Tim Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Nagekeo menggelar sosialisasi dan pembentukan Kelompok Perlindungan Perempuan Anak tingkat Kecamatan (KP2AC).

Kegiatan digelar di Aula Kantor Camat Aesesa Mbay Kabupaten Nagekeo, Jumat (21/9/2018).

KP2AC adalah kelompok perlindungan perempuan dan anak kecamatan yang dibentuk secara partisipatif dengan melibatkan semua unsur yang berpentingan dengan perlindungan anak dalam rangka menjamin terpenuhinya hak-hak anak dan terlindunginya anak-anak dari segala bentuk perlakuan salah.

Camat Aesesa, Pius Dhari, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, pembentukan KP2AC sangat penting. Mengingat banyak persoalan yang selama ini dialami oleh perempuan dan anak.

"Selama ini masih fokus mengurus yang lain lupa akan kegiatan advokasi perlindungan perempuan dan anak. Saat ini banyak masalah yang dihadapi oleh kalangan perempuan dan anak. Kasus pemerkosaan, mabuk-mabukan, kekerasan terhadap anak terjadi saat ini," papar Pius Dhari.

Ia mengatakan, peran P2TP2A tidak mengabaikan peran pemerintah. Ada peran penting kita sebagai warga negara untuk melindungi dan memperjuangkan hak-hak perempuan dan anak.

"Kalau kita tidak pikirkan ini mulai saat ini, maka kita akan menghadapi hal-hal yang tidak kita inginkan nantinya," papar Pius Dhari.

Ia mengharapkan jika KP2AC terbentuk, pihak yang terlibat agar bisa bekerja. Karena semua dasar hukumnya. Perda, Pergub, UU dan Permen.

"Kami mengharapkan diwilayah kita. Mulai mendeteksi kekerasan terhadap anak. Itu tidak baik," ujar Pius Dhari.

Ia mengatakan tujuan pembentukan KP2AC adalah mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak..(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved