Berita Rekrutmen CPNS 2018

6 Kementerian/Lembaga Ini Syaratkan TOEFL bagi Pelamar CPNS 2018, Bagaimana dengan Anda?

Pembukaan seleksi CPNS 2018 telah dibuka. Pendaftaran CPNS terintegrasi secara nasional dilakukan melalui situs sscn.bkn.go.id.

6 Kementerian/Lembaga Ini Syaratkan TOEFL bagi Pelamar CPNS 2018, Bagaimana dengan Anda?
KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA
Ilustrasi tes CPNS 

POS-KUPANG.COM - Pembukaan seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 telah dibuka. Pendaftaran CPNS terintegrasi secara nasional dilakukan melalui situs sscn.bkn.go.id. Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) telah mengumumkan sejumlah formasi dan jabatan yang tersedia pada seleksi CPNS kali ini.

Beberapa K/L/D menetapkan nilai TOEFL sebagai salah satu syarat bagi calon peserta seleksi CPNS 2018. Berikut di antaranya:

Baca: Terkait Uang Ketok Palu di DPRD Jambi, Ketua DPRD Beberkan Sikap Salah Satu Fraksi

1. Kementerian ESDM
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan nilai TOEFL sebagai salah satu persyaratan pelamaran. Untuk semua jabatan di Kementerian ESDM, disyaratkan melampirkan TOEFL ITP/Paper Based TOEFL/TOEFL Prediction yang masih berlaku.

Periode penerbitan TOEFL dikeluarkan pada tanggal 19 September 2016 - 10 Oktober 2018. Minimal skor TOEFL adalah 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL minimal 45/TOEIC 405/IELTS 5.5).

Baca: Jokowi Diyakini Bisa Damaikan Buwas dan Mendag soal Gudang Beras

Namun, untuk jenis formasi putra/putri Papua atau Papua Barat dan penyandang disabilitas tidak perlu melampirkan TOEFL ITP/Paper Based TOEFL/TOEFL Prediction.

2. Kementerian Luar Negeri
Kemenlu juga menetapkan TOEFL menjadi salah satu syarat khusus bagi pelamar. Bagi pelamar jabatan diplomat disyaratkan untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan.

Penguasaan ini dibuktikan melalui nilai TOEFL sebesar 550 (lima ratus lima puluh) atau IELTS sebesar 6.5 (enam titik lima). Sedangkan untuk bahasa anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lainnya seperti Arab, China, Rusia, Perancis dan/atau bahasa asing lain (Jerman dan Jepang) dibuktikan dengan nilai tes bahasa yang setara dengan nilai TOEFL 550. Informasi selengkapnya dapat diakses di: Rekrutmen CPNS Kemenlu 2018.

3. Badan Kepegawaian Negara (BKN)
Badan Kepegawaian Negara menentukan syarat TOEFL bagi pelamar. Nilai TOEFL yang ditetapkan bagi pelamar adalah 450.

Seperti diketahui, BKN menyediakan 29 jabatan teknis untuk 170 formasi pada seleksi CPNS 2018. Sedangkan jurusan yang dibutuhkan antara lain, S1 Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Hukum, Administrasi Negara, Administrasi Publik, Psikologi, Ilmu Statistik, Ilmu Pemerintahan, Ekonomi, Manajemen, dan Komunikasi.

Untuk lulusan S2, dibuka untuk jurusan Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen SDM, Administrasi Negara, Kebijakan Publik, Psikologi Industri dan Organisasi, Hukum, dan Komunikasi.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved