Berita Kabupaten Belu Terkini

Mendagri Apresiasi BI Bangun Galeri Tenun Ikat di Belu

Mendagri, Tahjo Kumolo memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang sudah membangun Galeri Tenun Ikat di Kabupaten Belu, Provinsi NTT.

Mendagri Apresiasi BI Bangun Galeri Tenun Ikat di Belu
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Mendagri bersama Gubernur NTT dan rombongan foto bersama di Gedung Galeri Tenun Ikat Atambua, Kabupaten Belu, Selasa (18/9/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tahjo Kumolo memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang sudah membangun Galeri Tenun Ikat di Kabupaten Belu, Provinsi NTT.

Galeri Tenun Ikat ini menjadi sarana pendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Belu yang merupakan daerah perbatasan.

Diharapkan Galeri Tenun Ikat ini dapat menjadi tempat yang strategis dalam memperkenalkan hasil tenun. Apalagi letaknya dekat dengan bandara.

Baca: Walikota Kupang Sanggupi Permintaan Gubernur NTT

Hal itu dikatakan Mendagri kepada wartawan saat meninjau Galeri Tenun Ikat Atambua yang dibangun BI melalui program sosialisasi BI, Selasa (18/9/2018).

Menurut Mendagri, Galeri Tenun Ikat selain tempat pemasaran hasil kerajinan tangan masyarakat juga menjadi tempat pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan masyarakat.

Dukungan yang sama disampaikan Gubernur NTT, Vicktor Bungtilu Laiskodat. Menurut Vicktor, Pemerintah Provinsi berterima kasih kepada Pemkab Belu karena sudah mendukung program pengembangan pariwisata, khususnya hasil karya tenun ikat.

Gedung Galeri Tenun Ilat ini terletak di Haliwen, Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu.

Peninjauan Gedung Galeri Tenun Ikat dihadiri Gubernur NTT, Vicktor Laiskodat, Danrem, Kapolda, Bupati Belu, Willybrodus Lay, Wakil Bupati Belu, J T Ose Luan, Kepala BI Kupang, Naek Tigor Sinaga dan para pejabat lainnya.

Rombongan Mendagri tiba di lokasi kegiatan pukul 10.00 Wita. Rombongan disambut meriah dari drumband dan penari likurai Asian Games.

Dalam kegiatan tersebut, Komunitas Tenun Ikat Timor, Kabupaten Belu menampilkan peralatan tenun di Galeri Tenun yang akan ditinjau Menteri Dalam Negeri, Tahjo Kumolo.

Selain penenun, ada juga kelompok petani bawang merah untuk memasarkan hasil komoditi bawang.

Komunitas tenun ikat Timor adalah kelompok tenun ikat yang semua anggotanya adalah warga eks pengungsi Timor Timur. Komunitas tenun ikat Timor ini diketuai Mariano Parada. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved