Berita Flores Timur Terkini

Agus Boli: Pesantren Baitulnaja Soltim Oase di Padang Gersang

Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mesjid Alfarizi Kesultanan Menanga.

Penulis: Felix Janggu | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU
Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mesjid Alfarizi Kesultanan Menanga di kompleks Pesantren Baitulnaja Kesultanan Menanga, Minggu (16/9/2018).

Agus Boli kepada POS-KUPANG.COM, Senin (17/9/2018) di ruang kerjanya, mengungkapkan kegembiraannya bisa menginjak kaki di pesantren itu.

Bagi Agus Boli, pesantren hadir di tengah umat Muslim dan masyarakat Solor ibarat kehadiran oase di padang gurun gersang.

Baca: Agus Boli Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid Alfarisi Menanga

"Pondok Pesantren ini saya sebut sebagai Oase di Padang Gersang Menanga Solor," kata Agus Boli.

Agus Boli mengatakan output didikan dari rahim pesantren Baitulnaja menjadi calon-calon pemimpin masa depan yang membawa kedamaiaan, harapan dan sukacita di masyarakat.

"Bukan hanya bagi Muslim dan non Muslim, pesantren itu juga menjadi berkat bagi seluruh umat manusia, alam semesta dan segala isinya.

"Output didikan pesantren mengabdi kepada siapapun, di manapun apakah itu sesama Muslim maupun non Muslim," kata Agus Boli.

Agus Boli mengharapkan "Nuba Nara Ehan, Nuba Nara Lamaholot, kakan keru-arin baki" menjadi pererat persaudaraan dan toleransi di bumi Lamaholot Flotim.

"Toleransi di Lamaholot hal mutlak sejak Leluhur kita beradab di tanah ini. Kita Punya kekayaan Pancasila Lamaholot yang saya sebut "Nobo Lema" atau lima sila," kata Agus Boli.

Pertama Nobo Toun: "Ama Tuan rera wulan, ina guna tana ekan"...Nobo Ruhan: " kakan keru-arin baki"..Nobo Telho : "Puin taan uin,gahan taan kahan"..Nobo Pat: "Pupu Hugu,tobo baun hama2 tutu marin umek lamak Lewotana"..Nobo Lemha: "Tekan tabe gike hukut,tenu tabe lobo luan".

"Ini Pancasila ala Lamaholot daj itu mutlak menjadi pegangan hidup semua orang Lamaholot," kata Agus Boli.

Agus Boli mengatakan Solor bisa disebut sebagai tanah yang terberkati karena baik Islam maupun Katolik di NTT, penyebarannya dimulai dari tanah Solor.

Harap Agus Boli pembangunan Mesjid Alfarizi Kesultanan Menanga bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved