Berita Kabupaten Lembata Terkini

Mandiri Telur Ayam Dimulai Tahun Depan

Rencana Dinas Peternakan untuk mewujudkan Kabupaten Lembata mandiri telur ayam rupanya akan segera terwujud.

Mandiri Telur Ayam Dimulai Tahun Depan
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lembata, Kanis Tuaq 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Rencana Dinas Peternakan untuk mewujudkan Kabupaten Lembata mandiri telur ayam rupanya akan segera terwujud.

Mulai tahun 2019 langkah-langkah konkrit akan dilakukan karena saat ini peternak ayam petelur sudah disiapkan untuk target itu.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lembata, Kanis Tuaq, ketika ditemui POS- KUPANG.COM, Kamis (13/9/2018).

Baca: Hasil Hitung Ulang Pilkada TTS Dilaporkan ke MK

Kanis mengatakan itu ketika dikonfirmasi terkait persiapan yang dilakukan untuk mewujudkan program Lembata mandiri telur ayam.

Dikatakannya, selama ini Lembata masih bergantung pada telur ayam yang dipasok dari luar NTT. Telur ayam itu umumnya didatangkan dari Surabaya, Jawa Timur (Jatim) untuk memenuhi kebutuhan daerah ini.

Lantaran proses pasokan itu membutuhkan waktu lebih dari sehari, juga antrean waktu yang lama saat memuat komoditi tersebut di pelabuhan keberangkatan, sehingga telur ayam yang tiba di Lembata kadang juga rusak.

Berangkat dari seringnya masyarakat mengeluhkan telur ayam yang rusak, lanjut dia, maka pihaknya membuat program menjadikan Lembata mandiri telur ayam. Program itu telah dimulai tahun ini dengan menggandeng beberapa peternak ayam peterlur yang selama ini telah berpengalaman dalam bidang tersebut.

Sedangkan mulai tahun 2019 mendatang, lanjut Kanis, akan dimulai dengan aksi nyata. Saat itu peternak ayam telah siap untuk memelihara lebih banyak ayam petelur agar bisa memproduksi telur ayam dalam jumlah yang lebih banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved