Berita Kota Kupang

Balitbang Kota Kupang Gelar Seminar Akhir Kajian Peningkatan Keterampilan Kerja

Balitbang Kota Kupang menggelar seminar akhir kajian peningkatan keterampilan bagi masyarakat pencari kerja di Kota Kupang

Balitbang Kota Kupang Gelar Seminar Akhir Kajian Peningkatan Keterampilan Kerja
pos kupang.com, maria ae toda
Wakil Walikota Kupang Hermanus Man saat membuka kegiatan seminar akhir kajian peningkatan keterampilan bagi masyarakat pencari kerja di Kota Kupang bertempat di Resto In and Out Kamis (23/8/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Maria AE Toda

POS-KUPANG.COM|KUPANG- Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbang) Kota Kupang menggelar seminar akhir kajian peningkatan keterampilan bagi masyarakat pencari kerja di Kota Kupang bertempat di Resto In and Out Kamis (23/8/2018).

Kepala Balitbang Kota Kupang Noce Nus Loa, SH, M.Si yang ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan pihaknya melakukan kajian ini bertujuan untuk menemukan prototipe jenis keterampilan kerja Kota Kupang selain jenis keterampilan yang banyak ditemukan dan dilakoni yaitu otomotif, kelistrikan, las serta menjahit.

Baca: Stikes CHMK Menuju Perguruan Tinggi Bergengsi di NTT. Ini Yang Dilakukan!

Kajian yang dihasilkan ini akan menjadi rekomendasi bagi pengambil kebijakan saat membuat kebijakan mengenai program pelatihan tenaga kerja agar sesuai dan efektif dengan apa yang dibutuhkan oleh para pencari kerja dan apa yang dibutuhkan Kota Kupang sendiri.

" Kita tidak bisa terus ada pada stagnan itu tapi kita ingin temukan jenis pekerjaan lain yang bisa masyarakat lakukan untuk meningkatan ekonomi. Hasil kajian ini akan menjadi rekomendasi dalam pengambilan kebijakan.

Penetapan program atau kegiatan haruslah melalaui kajian sehingga efektiftasnya bisa kita tahu. Tapi secara umum hasil kajian ini sudah menajdi sebuah kajian ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan," ujar Noce.

Selanjutnya menurut Noce pihaknya akan menyampaikan hasil kajian ini kepada kepala daerah sehingga kepala daerah bisa mengarahkan hasil kajian tersebut kepada instansi - instansi terkait untuk mengemasnya dalam bentuk program pelatihan.

Dalam kajian ini pihaknya melibatkan peneliti dari Perguruan Tinggi yaitu Universitas Nusa Cendana Kupang. Selain itu pihak perguruan tinggi juga dilibatkan dalam tim pengendali mutu karena menurut Noce para akademisi tersebut memahami betul seccara konseptual.

Ia melanjutkan setelah seminar akhir ini tahun depan pihaknya akan mengadakan workshop dengan tujuan agar bisa melihat aksi-aksi apa yang sudah dilakuka. atas hasil kajian ini dan juga bosa mengetahui fakta sehingga bisa terus dikembangkan dan dimajukan.

Ia berharap semua peserta yang hadir yaitu OPD terkait, LSM, BP3TKI, tokoh masyarakat, perguruan tinggi dan juga masyarakat pencari kerja akan komit dan konsisten dan mendukung litbang agar program yang akan dilanjutkan pemkot Kupang benar- benar merupakan hasil pemikiran holistik dari kompenen pemerintah. Sehingga pencari kerja juga bisa merasakan manfaatnya dan program yang akan diadakan tepat sasaran.

Sementara itu Wakil Walikota Kupang Hermanus Man yang membuka kegiatan tersebut mengatakan Pemkot selalu mendukung kegiatan pengkajian yang bisa turut membantu mengembangkan Kota Kupang dalam segala aspek apalagi dalam aspek ekonomi dalam hal ini adalah pekerja dan pencari kerja.

" Kajian - kajian yang dilakukan sangatlah penting untuk mendukung kami dalam pengembangan program oelatihan tenaga kerja sehingga bisa menciptakan dan menghasilkan kualitas pekerja yang mumpuni di Kota Kupang. Kami selalu mendukung kajian seperti ini yang melibatkan peneliti dan semua komponen Kota Kupang dimana di dalamnya ada OPD terkait, ada LSM, ada tokoh masyarakat, ada PT dan juga masyarakat pencari kerja," ujarnya.

Ia berharap agar dengan kajian kajian yang dilakukan semakin banyak inovasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk Kota Kupang yang lebih modern. (*

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved