Berita Regional

Padamkan Karhutla, Petugas Damkar Temukan Ular Piton Sepanjang 3 Meter

Petugas pemadam kebakaran menemukan ular piton sepanjang kurang lebih tiga meter saat berupaya memadamkan kebakaran lahan

Padamkan Karhutla, Petugas Damkar Temukan Ular Piton Sepanjang 3 Meter
KOMPAS.com/Dok. Nikki
Ular piton yang ditemukan saat pemadaman kebakaran lahan di daerah Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (22/8/2018) 

POS-KUPANG.COM | PONTIANAK - Petugas pemadam kebakaran menemukan ular piton sepanjang kurang lebih tiga meter saat berupaya memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (22/8/2018) sore. Ular tersebut ditemukan terjebak di lokasi lahan dan masih dalam keadaan hidup.

Salah satu petugas damkar swasta, Nikki mengatakan, awalnya petugas damkar swasta bersama anggota kepolisian dan relawan lingkungan hidup sedang berupaya memadamkan api yang berdekatan dengan pemukiman warga tersebut.

"Awalnya kami sedang bekerja menyemprot lahan yang terbakar tepar di komplek Mega Serdam. Di tengah-tengah penyemprotan, ada salah satu anggota polisi yang melihat ular piton di semak," ujar Nikki kepada Kompas.com, Rabu malam.

Baca: Buntut Karnaval Anak Bawa Senjata Mainan, Kepala TK Kartika Dicopot

Nikki menambahkan, secara spontan mereka yang tengah berjibaku dengan api pun kemudian bersama-sama mengamankan ular piton tersebut.

"Setelah mengamankan ular tersebut, kami kemudian lanjut bekerja kembali," kata Nikki.

Nikki mengatakan, saat ditemukan, ular tersebut tidak berada di sarangnya. "Kemungkinan sarangnya sudah terbakar oleh kebakran lahan. Ular tersebut mencari tempat yang lebih aman," pungkasnya.

Hingga saat ini, upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat terus dilakukan.

Para petugas gabungan dari Pemadam Kebakaran Swasta, TNI, Polri, BPBD dan sejumlah relawan lainnya terus berjibaku dengan kobaran api yang sudah sejak sebulan terakhir menyebabkan kabut asap di Pontianak. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved