Berita Internasional

Reuni Keluarga dari Dua Korea yang Terpisah Sejak Tahun 1950 Dimulai Hari Senin

Kelompok tua yang terdiri dari 89 warga Korea Selatan berkumpul di Sokcho, Provinsi Gangwon, Minggu (19/8/2018)

Reuni Keluarga dari Dua Korea yang Terpisah Sejak Tahun 1950 Dimulai Hari Senin
REUTERS
Atlet dari Korea Utara dan Korea Selatan berbaris di belakang bendera bersatu pada upacara pembukaan di Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (18/8/2018). 

POS-KUPANG.COM - Kelompok tua yang terdiri dari 89 warga Korea Selatan berkumpul di Sokcho, Provinsi Gangwon, Minggu (19/8/2018), sebelum melintasi Zona Demiliterisasi untuk bersatu kembali dengan orang-orang yang mereka cintai di Utara, Senin (20/8/2018).

Seperti dilansir The Korean Times, Minggu, mereka menghadiri pertemuan di Hanwha Resort, di mana pejabat Kementerian Penyatuan memaparkan tentang jadwal, prosedur, protokol, dan detail lainnya mengenai reuni.

Mereka akan melakukan perjalanan dengan bus dan berangkat ke Sokcho sekitar 8:30 pagi, Senin, dan melewati kantor imigrasi perbatasan sebelum tiba di resor pantai Korea Utara di Gunung Geumgang pukul 12:30 malam.

Para peserta reuni di masa lalu diminta untuk keluar dari bus untuk prosedur imigrasi. Tapi kali ini, mereka yang kesulitan bergerak bisa tetap berada di dalam bus, kata kementerian itu.

Pada jam 3 sore, mereka diharapkan bertemu dengan anggota keluarga mereka yang dipisahkan selama Perang Korea 1950-53 untuk pertama kalinya.

Anggota keluarga dari Selatan akan didampingi oleh pejabat pemerintah, staf medis dan jurnalis, dengan jumlah total orang Korea Selatan yang masuk ke Utara diperkirakan sekitar 560 orang.

Mereka adalah kelompok pertama Korea Selatan dan Korea Utara, kebanyakan berusia 80-an, yang terpilih dalam undian untuk bergabung dengan bagian ke enam hari reunian.

Warga Korea Selatan yang berjumlah 89 orang itu akan menghabiskan waktu bersama keluarga mereka di Korea Utara selama tiga hari, sebelum menawarkan perpisahan tak terbatas.

Kelompok kedua dari Utara akan memiliki reuni masing-masing dari 24-26 Agustus, setelah istirahat sementara, 23 Agustus.

Setiap reuni akan terdiri dari enam sesi, termasuk makan malam selamat datang, reuni di ruang terbuka dan pribadi dan makan siang perpisahan.

Halaman
12
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved