Berita Kota Kupang

Dukung Pemkot Kupang, PT BPD NTT Tandatangani Kerja Sama Penyaluran Bansos

PT BPD NTT menandatangani Kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Kupang mengenai Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos).

Dukung Pemkot Kupang, PT BPD NTT Tandatangani Kerja Sama Penyaluran Bansos
POS-KUPANG.COM/Maria A E Toda
Direktur Pemasaran Dana PT BPD NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, bersama Walikota Kupang Jefri Riwu Kore menandatangani Mou Penyaluran Bantuan Sosial Pangan non Tunai Pada Masyarakat Tidak Mampu di Kota Kupang bertempat di ruang garuda lantai 2 Balai Kota Kupang Rabu (15/8/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM | KUPANG - PT BPD NTT menandatangani Kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Kupang mengenai Penyaluran Bantuan Sosial Pangan non Tunai Pada Masyarakat Tidak Mampu di Kota Kupang bertempat di ruang garuda lantai 2 Balai Kota Kupang Rabu (15/8/2018).

PT BPD NTT yang diwakili Direktur Pemasaran Dana Harry Alexander Riwu Kaho dalam sambutannya mengatakan Bank NTT bangga menjadi perpanjangan tangan Tuhan melalui Pemerintah Kota Kupang dengan turut membantu masyarakat tidak mampu di Kota Kupang.

Menurutnya, Bank NTT sendiri sangat mendukung penyaluran bantuan secara non tunai atau cashless ini dikarenakan cashless sendiri punya point positif yaitu mendukung transparansi dalam penyaluran bantuan sejenis lainnya dimana bantuan tersebut akan masuk ke rekening para penerima sehingga meminimalisir kemungkinan penyelewengan.

Baca: Patut Ditiru! Dua Jenis Pelayanan Obat di Puskesmas Boawae

"Hal ini sejalan dengan prinsip TARIF yaitu Transparency, Accountability, Responsibility, Independence, and Faimess yang sedang digalakan oleh Bank NTT guna mewujudkan Good Governance. Gerakan non tunai ini juga berlaku dalam pembayaran pajak khususnya pembayaran pajak bumi dan bangunan Pemkot Kupang. Cara ini menjamin tidak ada manipulasi pendapatan Pemkot Kupang melalui PBB," ujarnya.

Selain itu Bank NTT juga terbuka mendukung kerjasama lainnya terkhususnya dalam pengelolaan pendapatan pemerintah Kota Kupang ataupun penyaluran bantuan program Pemkot Kupang diantaranya penyaluran Dana PEM maupun program nasional lainnya.

Saat ini, lanjut Harry, Bank NTT sedang menjalankan program CMS (Cash Management System) yang saat ini sudah mendapat ijin dari OJK.

CMS ini merupakan layanan pengelolaan kas yang diberikan pada nasabah yang memiliki simpanan di Bank, dimana setiap transaksi dilakukan berdasarkan perintah nasabah melalui jaringan privat dengan menggunakan perangkat lunak browser pada komputer.

"Keuntungan yang bisa diperoleh dari fasilitas ini adalah nasabah bisa melakukan pengelolaan keuangannya secara langsung lewat jaringan online. Implementasi dari CMS ini akan dilakukan antara Bank NTT dengan Pemerintah Daerah. Keunggulan lainnya adalah efisiensi waktu, biaya, administrasi, tenaga, akurasi data keuangan dan monitoring keuangan terkontrol sehingga laporan keuangan daerah tersaji tepat waktu," papar Harry.

Sementara itu Walikota Kupang Jefri Riwu Kore menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang sudah dibangun bersama antara PT. BPD NTT dan juga Pemkot Kupang selama ini khususnya penandatangan Mou ini. Ia berharap agar sinergi antara PT. BPD NTT dan Pemkot Kupang terus ditingkatkan dalam memberikan layanan publik.

" Tidak diragukan lagi PT. BPD NTT dengan prestasi dan penghargaan yang diterima atas kinerja pelayanan perbankan selama ini kiranya dapat ditransformasikan dalam sistem kerja selanjutnya. Melalui Mou ini juga kami Pemkot Kupang menunjukan komitmen kami untuk terus mendukung pengembangan PT. BPD NTT sebagai BPD yang unggul, terpercaya dan juga dicintai masyarakat NTT terkhususnya Kota Kupang," pungkas Jefri. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved