Breaking News:

Berita Kabupaten TTS

Pemkab TTS Tak Capai Target Penurunan Angka Kemiskinan

Pemerintah Kabupaten TTS menargetkan menurunkan angka kemiskinan dari tahun 2014-2019 sebesar 5 persen

Penulis: Dion Kota | Editor: Rosalina Woso
Pemkab TTS Tak Capai Target Penurunan Angka Kemiskinan
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Bupati TTS, Ir. Paul Mella

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM|SOE-– Pemerintah Kabupaten TTS menargetkan menurunkan angka kemiskinan dari tahun 2014-2019 sebesar 5 persen, namun sayangnya target tersebut tidak bisa tercapai.

Pada tahun 2014, angka kemiskinan di Kabupaten TTS mencapai 29 persen dari total penduduk TTS. Sedangkan pada tahun 2018 angka kemiskinan ada di posisi 26 persen atau hanya turun 3 persen.

Hal ini diungkapkan Bupati TTS, Ir. Paul Mella kepada pos kupang, Jumat (10/8/2018) di kantor bupati TTS. Bupati Mella mengatakan, dari tahun 2014 sampai 2018, angka kemiskinan di Kabupaten TTS hanya mengalami penurunan yang sangat kecil.

Bahkan, dua tahun terakhir, yaitu tahun 2017 dan 2018, angka kemiskinan di Kabupaten TTS sama sekali tidak mengalami penurunan, dan tetap berada di posisi 26 persen.

" Ada beberapa faktor yang menyebabkan angka kemiskinan kita tidak berubah di dua tahun terakhir. Pertama, gelontoran dana desa, ternyata lebih banyak untuk pekerjaan fisik, sedangkan untuk pemberdayaan yang memiliki dampak untuk menurunkan angka kemiskinan sangat kecil anggarannya. Ini yang harus kita ubah. Selain itu, paket fisik APBD yang sering dikerjakan di akhir tahun juga memberikan kontribusi terhadap tidak berubahnya angka kemiskinan di Kabupaten TTS, " ungkap Bupati Mella.

Sedangkan, lanjut Bupati Mella, penurun tiga persen angka kemiskinan (29 ke 26 persen, red) merupakan kontribusi dari pembangunan fasilitas pelayanan dasar seperti sekolah dan puskesmas, serta pembukaan jaringan listrik, air bersih dan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat. ‎

Dirinya mengaku, dalam lima tahun terakhir, pemerintah terus fokus dalam melakukan pembangunan infrastruktur pembangunan dasar seperti sekolah dan puskesmas.‎ (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved