Berita Kabupaten Belu

Satgas Gandeng Mahasiswa Ajar Pemuda Perbatasan Cara Membuat Karya Seniman

Anggota Pos Asulait Satgas Pamtas RI-RDTl Yonif 743/PSY bersama mahasiswa Undana yang KKN di Belu membagikan pengetahuan karya seniman

Satgas Gandeng Mahasiswa Ajar Pemuda Perbatasan Cara Membuat Karya Seniman
pos kupang.com, teni jenahas
FOTO/TENI JENAHAS BERI LATIHAN--Anggota Pos Asulait Satgas Pamtas RI-RDTl Yonif 743/PSY Prajurit Satu, Made Rian Merdiana melatih membuat karya seni ukiran kayu bagi pemuda perbatasan, Rabu (8/8/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, ATAMBUA---Anggota Pos Asulait Satgas Pamtas RI-RDTl Yonif 743/PSY bersama mahasiswa Undana yang melaksanakan KKN di Kabupaten Belu membagikan pengetahuan tentang karya seniman bagi kaum muda di Desa Asulait.

Karya seniman itu berupa huruf-huruf yang dibuat dari kayu jati dengan menggunakan gergaji besi. Apabila pemuda melakukan dengan serius dan tekun maka karya seni itu memiliki nilai jual

Kegiatan latihan dilaksanakan di Desa Asulait, Kabupaten Belu, Rabu (8/8/2018). Hadir sejumlah pemuda Asulait untuk menyaksikan cara membuatnya.
Cara membuat karya seni ukiran kayu ini dilakukan anggota Pos Asulait, Prajurit Satu, Made Rian Merdiana.

Koordinator mahasiwa KKN Undana, Andre Lorenzo Therik mengatakan, karya seni berupa ukiran kayu dan membuat huruf dari kayu bisa menjadi sumber pendapatan ekonomi. Bahan bakunya cukup dengan kayu jati lalu dilengkapi dengan peralatan lainnya.

Potensi ini sebenarnya bisa dikembangkan kaum muda di Asulait karena bahan bakunya banyak. Selama ini, kayu jati hanya dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Padahal, banyak yang bisa dibuat dari bahan baku kayu jati salah satunya membuat ukiran kayu atau huruf-huruf. Cara kerjanya sederhana jika terus dilatih.

Pemuda Asulait, Jonatan Bere Talo menyampaikan terima kasih kepada TNI dan mahasiswa yang sudah membagi ilmu yang sangat bermanfaat bagi pemuda. Lewat pelatihan ini, pemuda Asulait akan berusaha agar suatu saat nanti ada pemuda yang bisa membuat karya seni tersebut.

Danpos Asulait, Sertu Akbar Hartanto menyampaikan, TNI bersama semua komponen masyarakat termasuk mahasiswa akan berupaya semaksimal mungkin membantu dan melatih anak muda di perbatasan khususnya di dusun Asulait. (*).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved