Breaking News:

Berita Malaka

Pemkab Malaka Genjot Promosi Pariwisata

Beberapa destinasi wisata pantai yang gemar dikunjungi wisatawan diantaranya, Pantai Motadikin, Abu Denok, Loodik dan Raihenek.

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Ferry Ndoen
pos kupang.com, teni jenahas
PANTAI MOTADIKIN--Pantai Motadikin yang terletak di Desa Fahiluka, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Teni jenahas

POS KUPANG.COM,BETUN---Wisata alam panti atau bahari di Kabupaten Malaka sangat menjanjikan. Bentangan pantai yang sangat panjang dan indah itu bisa menarik para wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan manca negara untuk berwisata ke Malaka.

Beberapa destinasi wisata pantai yang gemar dikunjungi wisatawan diantaranya, Pantai Motadikin, Abu Denok, Loodik dan Raihenek.

Keindahan destinasi wisata alam pantai Malaka sudah banyak dikagumi para pengunjung diantaranya Guru Besar IPDN Prof. DR Erliana Hasan, M.Si,
Penjabat Ketua PKK Provinsi NTT, Rita Widuri Setiawati dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Dominikus Minggu Mere, M.Kes.

Guru Besar IPDN Prof. DR Erliana Hasan, M.Si kepada Pos Kupang di Betun mengatakan, pariwisata alam pantai di Kabupaten Malaka sangat indah dan mempesona. Letaknya sangat strategis karena berada di perbatasan negara RI dengan Timor Leste dan Australia. Penduduk di dua negara ini pasti ingin berwisata ke tempat-tempat yang indah di Indonesia termasuk ke Kabupaten Malaka.

Menurut Erliana, untuk menarik wisatawan, selain mengandalkan keindahan alama juga perlu penataan lebih lanjut sehingga wisatawan tertarik dan bisa bertahan lebih lama tinggal di Malaka.

Pariwisata pantai di Malaka mesti ditata lebih lanjut dengan memperhatikan tiga aspek yang sering disebut three to yakni, to do, to see and to buy.

"Saya sudah sampaikan ke kepala Dinas Pariwisata supaya sepanjang pantai harus ditata dengan memperhatikan three to. To do, artinya orang datang mau buat apa, to see, orang yang datang mau lihat apa dan to buy, artinya orang yang datang itu bisa beli apa di sana," kata Erliana.

Erliana menyarankan agar di tempat wisata mesti dibangun sarana-sarana pendukung seperti tempat permainan anak-anak, kafe, kantin bahkan rumah makan. Kemudian menyediakan souvenir, minuman segar atau jus. Selain itu, mempersiapkan tari-tarian yang dapat menarik wisatawan.

Penjabat Ketua PKK Provinsi NTT, Rita Widuri Setiawati saat berkunjung ke Malaka mengatakan, ia sering mendapat informasi bahwa pantai di Malaka sangat indah. Keindahan alam yang sudah dimiliki itu mesti dijaga sambil menata lebih bagus lagi agar menambah daya tarik wisatawan.

Selain itu, masyarakat sekitar destinasi harus diberi pemahaman tentang konsep pembangunan pariwisata termasuk menyiapkan SDM masyarakat untuk bisa menangkap peluang usaha dari sektor pariwisata itu sendiri.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved