Breaking News:

Berita Kota Kupang

Kemenpora Selenggarakan Tes Pengukuran Kebugaran di Kota Kupang

Kemenpora mengadakan tes pengukuran kebugaran masyarakat Indonesia atau Sport Development Index (SDI) di Kota Kupang.

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Kanis Jehola
POS KUPANG.COM/RICKO WAWO
Pelaksanaan tes kebugaran di alun alun Kantor Walikota Kupang, Rabu (8/8/2018) pagi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengadakan tes pengukuran kebugaran masyarakat Indonesia atau Sport Development Index (SDI) di Kota Kupang.

Pelaksanaan SDI dilangsungkan di alun alun Kantor Walikota Kupang, Rabu (8/8/2018) pagi dan melibatkan 120 responden yang berasal dari komponen pelajar yang ada di Kota Kupang.

Drs. Waluyono, MM, selaku Kepala Bidang Pengembangan Sanggar dan Fasilitas Kebugaran Kemenpora menjelaskan SDI merupakan suatu kegiatan untuk mengukur tingkat kebugaran masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Baca: TPID Provinsi NTT Bahas Langkah Antisipasi Inflasi di Akhir Tahun

Dari populasi masyarakat Indonesia yang ada, timnya akan mengambil responden sebagai sampel acak dari 34 kota di 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

"Satu kota diambil respondennya sebanyak 100 orang," ungkapnya saat ditemui POS- KUPANG.COM seusai kegiatan pengukuran tersebut.

Ia menambahkan, jumlah responden atau index penelitian yang ada belum bisa mengukur tingkat kebugaran masyarakat Indonesia secara akurat. Namun, tambahnya, dengan penelitian ini sudah bisa diukur pada level mana kebugaran masyarakat Indonesia.

Dijelaskannya, ada beberapa item yang digunakan untuk mengukur Sport Index Devopment. Yang pertama adalah jumlah tenaga olahraga yang ada dalam suatu kota.

Kedua, jumlah ruang publik untuk berolahraga. Ketiga, partisipasi masyarakat. Untuk mengukur partisipasi masyarakat ini, katanya, para responden akan dibagikan kuisioner dengan sepuluh item pertanyaan.

"Misalnya pertanyaan berapa kali seseorang berolahrga dalam seminggu."

Keempat, mengukur volume oksigen yang ada di dalam tubuh responden. Setelah keempat itu diukur, tim pengolah data dari Universitas Sebelas Maret Solo sebagai mitra le akan mengolah data yang sampel yang ada untuk mengukur indexnya.

"Kita datang ke Kota Kupang untuk mengukur SDI Kota Kupang yang mewakili Provinsi NTT," papar Waluyono yang juga adalah Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi. (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved