Berita Internasional

Ribuan Ekor Ikan Mati Akibat Serangan Gelombang Panas di Swiss

Dilansir dari AFP, wilayah yang paling parah terdampak suhu panas adalah sepanjang Sungai Rhine yang membentang dari

Ribuan Ekor Ikan  Mati Akibat Serangan Gelombang Panas di Swiss
Ilustrasi ikan mati di sungai.(THINKSTOCKPHOTOS) 

POS-KUPANG.COM, SCHAFFHAUSEN - Serangan gelombang panas yang menerjang wilayah Eropa telah menyebabkan ribuan ikan di sungai di Swiss mati.

Diperkirakan sekitar satu ton ikan telah mati di perairan Swiss dalam beberapa hari terakhir akibat suhu tinggi, seperti dilaporkan kantor penyiaran publik RTS, Selasa (7/8/2018).

Dilansir dari AFP, wilayah yang paling parah terdampak suhu panas adalah sepanjang Sungai Rhine yang membentang dari Danau Constance hingga Air Terjun Rhine, di mana ribuan ikan mati diangkat dari dalam air sejak akhir pekan lalu.

"Kami telah melihat ikan mati dan mengambang selama beberapa hari di Rhine. Kami harus mengangkat sekitar 1.000 kilogram bangkai ikan dari sungai," kata Andreas Vogeli, seorang pejabat dari Departemen Perburuan dan Perikanan di utara Schaffhausen, kepada RTS.

Baca: Masih Ingat Drakor Boys Over Flowers? 10 Tahun Berlalu, Lihat Perubahan Penampilan Para Pemain!

Di antara ikan-ikan yang mati tersebut, paling banyak adalah ikan grayling, sejenis salmon yang berwarna abu-abu. Ikan tersebut dapat bertahan ketika suhu air melebihi 20 derajat Celcius, tetapi pada sejumlah daerah di Sungai Rhine telah mencatat suhu hingga di atas 27 derajat Celcius dalam beberapa hari terakhir.

Samuel Grundler dari Asosiasi Perikanan Swiss mengatakan, situasi yang terjadi saat ini sangat genting. "Kami telah melakukan segala cara yang kami bisa lakukan untuk mengatasinya," katanya kepada RTS.

Salah satu upaya darurat yang telah dilakukan termasuk memindahkan ikan-ikan di sungai ke dalam bak penampungan dengan air yang lebih dingin.

Baca: Unik! Saudara Kembar Identik Nikahi Saudari Kembar Identik Oleh Dua Menteri Kembar di Twinsburg

"Kami mencoba menyelamatkan ikan dari ratusan kilometer sungai dan memindahkannya dari sungai," kata pengawas Departemen Nelayan dan Berburu di Zurich, Urs Philipp.

Sementara di Swiss selatan, meski terjadi kenaikan suhu yang sangat tinggi di musim panas, namun kondisi air di sana belum mengakibatkan kematian ikan yang meluas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Serangan Gelombang Panas di Swiss, Ribuan Ikan di Sungai Mati",

Editor: Putra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved