Berita Kota Kupang

Ini Penyebab Perubahan Cuaca yang Terjadi di Wilayah NTT

Cuaca di wilayah Nusa Tenggara Timur Akhir-akhir ini mengalami perubahan menjadi lebih dingin dan timbul hujan.

Ini Penyebab Perubahan Cuaca yang Terjadi di Wilayah NTT
Pos Kupang/id.wikipedia.org
BMKG (id.wikipedia.org)

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM|KUPANG-- Cuaca di wilayah Nusa Tenggara Timur Akhir-akhir ini mengalami perubahan menjadi lebih dingin dan timbul hujan.

Menurut penjelasan Staf BMKG Natalia Ernesta Bajo melalui group WhatsApp BMKG Kupang Selasa (7/8/2018) penyebab perubahan cuaca ini terjadi karena adanya perlambatan Kecepatan Angin akibat dari adanya Front di Australia, dimana Front itu sendiri merupakan wilayah transisi tempat bertemunya dua massa udara yang berbeda.

"Ketika adanya front mengakibatkan cuaca sangat mudah berubah dan banyak terjadinya pembentukan awan dan hujan. Kondisi ini dapat berlangsung 2 - 3 hari kedepan atau lebih," ujar Ernesta.

Selain itu juga Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang Apolinaris Geru juga menghimbau agar masyarakat khususnya petani untuk tidak melakukan siap tanam di lahan tadah hujan karena saat ini belum memasuki musim hujan.

" Saat ini kita belum memasuki musim penghujan jadi dihinbau bagi para petani jangan dulu melakukan penanaman di lahan tadah hujan," pungkasnya. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved