Berita Nasional

PBNU Akui Tak Undang Caki Imin ke Pertemuan Para Kiai

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Marsudi Syuhud, mengatakan, pihaknya tidak mengundang Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar

PBNU Akui Tak Undang Caki Imin ke Pertemuan Para Kiai
KOMPAS.com/Reza Jurnaliston
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Marsudi Syuhud di Kantor PBNU, Jakarta, Sabtu (4/8/2018) malam. 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Marsudi Syuhud, mengatakan, pihaknya tidak mengundang Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar untuk datang dalam pertemuan kiai se-Indonesia.

Menurut Marsudi, seharusnya Muhaimin atau yang akrab disapa Cak Imin lah yang datang berkunjung ke acara pertemuan para kiai tersebut.

"Ya, karena ini (pertemuan antara kiai se-Indonesia) beliau yang datang ke sini, jadi kita tidak mengundang. Kita menerima, jadi kita bukan mengundang apalagi ngundang Cak Imin ya nggak," ujar Marsudi di kantor PBNU, Jakarta, Sabtu (4/8/2018) malam.

Baca: Indonesia Buat Sejarah, Poco-poco Masuk Rekor Dunia

Baca: V BTS Ketiduran Saat Pemotretan, J-Hope Lakukan Hal ini. Sweet!

Para kiai, kata Marsudi, mendukung Ketua Umum Partai Kebangsaan Indonesia (PKB) Cak Imin menjadi cawapres bagi Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019.

"Ini aspirasinya beliau-beliau para kiai, pengurus-pengurus pondok pesantren yang tersebar seantero Indonesia," kata Marsudi.

Di sisi lain, saat ditanya apakah aspirasi dari para kiai itu merupakan salah satu bentuk desakan kepada Jokowi untuk "meminang" Cak Imin menjadi cawapres, Marsudi menjawab, "tergantung kepada perasaannya, kalau perasaannya sampeyan begitu nggak tahu saya."

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar tak hadir dalam pertemuan dengan para alim ulama.

Rencananya, puluhan perwakilan alim ulama melakukan pertemuan dengan Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin di kantor PBNU, Jakarta, Sabtu (4/8/2018) malam.

"(Cak Imin) tidak hadir," kata Wakil Sekjen PKB Jazilul Fawaid saat dikonfirmasi, Sabtu (4/8/2018) malam.

Saat ditanya alasan ketidakhadiran Cak Imin dalam acara pertemuan tersebut, Jazilul tak menjawab dengan rinci. "Itu forumnya para kiai," kata Jazilul.

Pertemuan dengan para kiai di antaranya membahas mandat Cak Imin sebagai cawapres. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved