Berita Regional

SIM Gratis bagi Anda yang Lahir pada 17 Agustus, Bagaimana di Kota Anda?

Anda yang lahir bersamaan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini, terutama warga Surabaya, Jawa Timur, mendapatkan SIM gratis.

SIM Gratis bagi Anda yang Lahir pada 17 Agustus, Bagaimana di Kota Anda?
KOMPAS.com/Otomania/Agung Kurniawan
Mengurus SIM yang rusak atau hilang mudah dilakukan tanpa tes ulang. 

POS-KUPANG.COM | SURABAYA - Siapa dari antara Anda yang lahir tanggal 17 Agustus? Anda yang lahir bersamaan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini, terutama warga Surabaya, Jawa Timur, berkesempatan mendapatkan SIM gratis.

Satlantas Polrestabes Surabaya bakal memberikan SIM gratis khusus bagi warga Surabaya yang lahir di tanggal 17 Agustus.

Layanan pembuatan SIM gratis akan dilakukan selama tiga hari di Satpas Colombo Krebangan, Surabaya, yakni tanggal 16-18 Agustus 2018 pada jam kerja mulai pukul 08.30-16.00 WIB.

Baca: Awas, Sedikit Polusi Udara Bisa Ganggu Kesehatan Jantung

Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pandia menyatakan, layanan SIM gratis yang disediakan Satlantas Polrestabes Surabaya ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tak hanya itu, SIM gratis juga diberikan sebagai reward bagi warga ber-KTP Surabaya yang kebetulan lahir pada Hari Kemerdekaan, termasuk dalam rangka menanamkan rasa persatuan dan nasionalisme.

"Ini reward terhadap masyarakat juga. Harapan kami, mereka yang lulus ujian praktik menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan masyarakat bisa menghargai pengemudi lainnya," ucap Kasatlantas kepada Kompas.com, Sabtu (4/8/2018).

Eva menyampaikan, layanan SIM gratis hanya berlaku untuk SIM baru dan bukan untuk perpanjangan SIM. Pada saat dinyatakan lulus ujian teori dan praktik, lanjut dia, pihaknya baru akan mencetak SIM secara gratis.

"PNBP-nya (penerimaan Negara bukan pajak) nanti kami yang bayar," katanya.

Terkait SIM gratis, tak ada batasan kuota. Jadi siapapun warga Surabaya yang bisa menunjukkan bukti melalui KTP dan lahir di tanggal 17 Agustus bisa mendapatkan SIM secara cuma-cuma. Asalkan bisa lulus ujian teori dan praktik.

"Prosedurnya, peserta tetap mengikuti ujian teori dan praktik. Pada saat dinyatakan lulus nanti, baru nanti kita cetak," tuturnya.

"Untuk warga Surabaya, ayo ayo tertib berlalu lintas, patuhi aturan yang ada, jaga keselamatan diri sendiri dan pengendara lainnya. Budayakan malu melanggar," katanya. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved