Berita Sumba

309 Warga Tiga Kabupaten di Sumba Terjangkit HIV AIDS

ebanyak 309 warga Kabupaten Sumba Barat Daya, Sumba Barat dan Sumba Tengah positip terjangkit HIV AIDS.

309 Warga Tiga Kabupaten di Sumba Terjangkit HIV AIDS
POS KUPANG/ANDRI ATAGORAN
Husein Pancratius 

Laporan Wartawan Pos kupang.com, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, TAMBOLAKA---Sebanyak 309 warga Kabupaten Sumba Barat Daya, Sumba Barat dan Sumba Tengah positip terjangkit HIV AIDS.

Jumlah tersebut terhitung posisi 25 Juli 2018 dengan terbanyak di Kabupaten Sumba Barat Daya yakni 251 orang disusul Kabupaten Sumba Barat 34 orang dan Sumba Tengah 23 orang.

Sekretaris KPA Propinsi NTT, dr.Husein Pancratius menyampaikan hal itu kepada wartawan diselah-selah acara pelatihan para guru smp tentang kesehatan reproduksi dan seksualitas remaja di hotel Sinar Tambolaka, Kamis (2/8/2018).

Menurutnya, pemerintah perlu membentuk tim mengawasi keluar masuknya orang ke Sumba dengan menempatkan petugas untuk melakukan tes HIV AIDS terhadap warga yang datang ke Sumba.

Misalnya para TKI dan TKW wajib menjalani pemeriksaan kesehatan guna mendeteksi ada atau tidak terjangkitnya virus mematikan itu.

Bila positip, pemerintah bisa menanganinya. Disisi lain dapat terpantau sehingga memudahkan pemerintah mengontrolnya.

Sementara itu wakil bupati SBD, Drs.Ndara Tanggu Kaha secara terpisah ditemui mengatakan, Sumba Barat Daya terdapat 251 orang telah terjangkit HIV AIDS termasuk satu orang anak. Jumlah tersebut tersebar di 70 desa dan kelurahan dari total 175 desa se-SBD.

Untuk itu wabub Ndara Tanggu Kaha berjanji membangun koordinasi dengan semua sektor untuk mensosialisaiskan secara luas tentang bahaya penyakit mematikan HIV AIDS kepada masyarajat SBD.

Warga juga disarankan agar segera memeriksa kesehatan ke puskesmaa atau rumah sakit guna memastikan terjangkit tidak penyakit mematikan itu. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved