Breaking News:

Berita Malaka

Dinas PMD Malaka Gelar Pelatihan Pengisian Aplikasi Profil Desa. Ini Kegiatannya

ambaran potensi dan tingkat perkembangan desa atau kelurahan harus diketahui secara akurat, komprehensif dan integral.

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Ferry Ndoen
pos kupang.com, teni jenahas
Peserta kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pengisian Aplikasi Profil Desa Tahun 2018 yang diselenggarakan Dinas PMD Kabupaten Malaka, Rabu (1/8/2018). 

POS KUPANG.COM, BETUN---Gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa atau kelurahan harus diketahui secara akurat, komprehensif dan integral.

Salah satu cara mengetahuinya itu melalui data profil desa atau kelurahan yang benar-benar valid dan akurat, sehingga terus mendorong desa swadaya dan swakarya menuju desa atau kelurahan swasembada.

Demikian inti kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pengisian Aplikasi Profil Desa Tahun 2018 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malaka, di Aula Susteran Betun, Rabu (1/8/2018).

Dalam laporannya, Ketua Panitia kegiatan Hendriana Lopo yang juga Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Malaka mengemukakan, tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini yakni untuk mensosialisasikan dan melatih cara pengisian data dasar keluarga, potensi desa dan tingkat perkembangan desa.

"Melalui kegiatan ini, kita akan mengetahui secara akurat data dasar keluarga, mengetahui potensi desa atas data sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana dan pra sarana desa dan mengetahui tingkat perkembangan desa yang mencerminkan keberhasilan pembangunan setiap tahun dan setiap lima tahun diukur dari laju tingkat perkembangan desa atau kelurahan," jelasnya.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini bersentuhan langsung dengan hal-hal tekhnis yaitu Pentingnya Profil Desa (Prodeskel) dan Pemanfaatan Lokal di daerah dan desa masing-masing yang disampaikan Wildrian Ronald Otta (Lurah Naikoten 2, Kupang).

Selanjutnya materi Manajemen Desa dan Penataan Administrasi Desa yang disampaikan Sarabiti Abdul Fatah, Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas PMD Provinsi NTT dan materi Kewenangan Desa dalam Pengelolaan Sumber Daya Desa oleh Ajis Salim Adang Djaha (Dosen Undana Kupang)

Sementara itu, Asisten 3 Sekda Malaka, Yoseph Parera ketika membuka kegiatan ini mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi para desa dan aparatnya untuk mengetahui secara jelas apa yang ada di desanya.

"Oleh karena itu sangat diharapkan agar para Kepala Desa dan aparatnya bisa belajar sehingga mampu menerapkan ilmu ini dengan baik dan tepat," harapnya.

Kegiatan ini dihadiri para Kepala Desa, anggota BPD Desa dan para Sekretaris Desa. (*/Herryklau)


Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved