Berita Gempa Bumi

Gempa Lombok, Korban Tewas Bertambah Menjadi 10 Orang

Korban tewas akibat gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (29/7/2018), tercatat bertambah menjadi 10 orang.

Gempa Lombok, Korban Tewas Bertambah Menjadi 10 Orang
KOMPAS.com/HANDOUT/BPBD NTB/AFP
Warga di sekitar reruntuhan bangunan rumah yang rubuh akibat gempa di Lombok, NTB, Minggu (29/7/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Korban tewas akibat gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (29/7/2018), tercatat bertambah menjadi 10 orang. Sementara 40 orang dilaporkan terluka. Puluhan rumah rusak.

Demikian keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho yang diterima Kompas.com, Minggu.

Baca: Jaringan Pipa Air Minum Masuk Penfui Timur

"Diperkirakan dampak gempa akan bertambah mengingat pendataan masih berlangsung dan belum semua lokasi terdata," kata Sutopo.

Data sementara dari BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat, di Kabupaten Lombok Timur terdapat 8 orang meninggal dunia, 10 orang luka berat, 10 orang luka ringan dan puluhan rumah rusak.

Dari 8 korban meninggal terdapat satu orang warga negara Malaysia atas nama Siti Nur Ismawida (30).

Di Kabupaten Lombok Utara terdapat 2 orang meninggal dunia, dan 13 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru, dan 7 orang di Puskesmas Bayan.

Berdasarkan laporan, gempa juga menyebabkan longsor di Gunung Rinjani. Material longsoran mengarah ke utara. Saat ini jalur pendakian ke Gunung Rinjani ditutup.

Aparat masih melakukan pemantauan terhadap dampak longsor yang ada. Gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa, Minggu, pukul 05.47 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terletak pada koordinat 8,4 lintang selatan, dan 116,55 bujur timur.

Lokasi gempa terjadi di darat pada jarak 47 KM arah Timur kota Mataram, ibu kota Provinsi NTB, pada kedalaman 24 KM. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved