Berita Kota Kupang

Ini Dia Jenis Keterampilan yang Paling Diminati Calon Tenaga Kerja di NTT

Kepala UPTD PTK Disnakertrans Provinsi NTT, Beny Gaya mengungkapkan, keterampilan menjahit paling diminati calon tenaga kerja di NTT

Ini Dia Jenis Keterampilan yang Paling Diminati Calon Tenaga Kerja di NTT
POS-KUPANG.COM/ ADIANA AHMAD
Para peserta pelatihan keterampilan menjahit di BLK Disnakertrans NTT. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | KUPANG - UPTD Pelatihan Tenaga Kerja (PTK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) gencar mencetak tenaga merja terampil yang siap dilepas ke pasar kerja. Jenis keterampilan seperti apa yang paling tinggi diminati calon tenaga kerja di NTT?

Kepala UPTD PTK Disnakertrans Provinsi NTT, Beny Gaya mengungkapkan, keterampilan menjahit merupakan jenis keterampilan paling diminati calon tenaga kerja di NTT.

Baca: Kajari Maumere Prihatin Kasus Percabulan Anak Makin Tinggi

Beny yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/7/2018), mengatakan, hampir setiap tahun jumlah peserta pelatihan menjahit paling banyak. Bahkan, kata Beny, pihaknya sampai kesulitan untuk menampung.

"Mungkin menjahit lebih menjanjikan. Habis pelatihan bisa langsung buka usaha sendiri. Kebutuhan masyarakat juga tinggi," kata Beny.

Selain menjahit, katanya, ada pelatihan keterampilan meubel, otomotif, kecantikan, las dan terakhir teknisi seluler.Hanya saja, meubel dan kecantikan, kata Beny, peminatnya menurun.

Dikatakan Beny, selain program pelatihan yang diselenggarakan BLK, ada juga pelatihan jenis keterampilan tertentu kerja sama dengan pihak lain. Seperti yang sedang berlangsung saat ini, pelatihan pemasabgan jaringan internet kerja sama BLK dengan PT PSN.

Beny mengatakan, 16 peserta yang dilatih akan direkrut oleh perusahaan itu untuk ditempatkan di daerah-daerah di NTT.

"Peserta yang ikut pelatihan dengan PT PSN berasal dari berbagai daerah di NTT karena mereka langsung direkrut jadi tenaga lapangan PT PSN di daerah-daerah. Pelatihan tiga hari langsung turun lapangan. Instruktur dan peralatan semua mereka siapkan. Kami hanya menyiapkan gedung," demikian Beny. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved