Berita Kota Kupang

BLK Siapkan Pelatihan Tata Laksana Rumah Tangga Bagi Tenaga Kerja Wanita

Bagi para calon TKW yang berniat dan berminat kerja ke luar negeri, sebaiknya mengasah keterampilan di Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi NTT.

BLK Siapkan Pelatihan Tata Laksana Rumah Tangga Bagi Tenaga Kerja Wanita
POS KUPANG/Adiana Ahmad
Para calon tenaga kerja sedang mengikuti pelatihan montir dan menjahit di BLK NTT di Kupang.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Bagi para calon tenaga kerja wanita (TKW) yang berniat dan berminat kerja ke luar negeri, sebaiknya mengasah keterampilan di Balai Latihan Kerja (BLK) Propinsi NTT.

Saat ini BLK Provinsi NTT menyiapkan program khusus pelatihan tatalaksana rumah tangga bagi para TKW.

Baca: Mengenai Sejarah Kudeta Militer di Mesir

Dengan bekal keterampilan ini, berbagai persoalan dan kekerasan terhadap TKW Indonesia di Luar Negeri diharapkan tidak akan terjadi lagi.

Kepala UPTD PTK BLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnamertrans) Provinsi NTT, Beny Gaya, yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/7/2018), mengatakan, BLK menyiapkan Program Pelatihan Tatalaksana Rumah Tangga. Namun selama ini, katanya, belum dimanfaatkan secara maksimal.

"Fasilitas dan berbagai perlengkapan tersedia.Kita berharap para TKI atau TKW sebelum ke luar negeri dilatih dulu di BLK. TKI atau TKW ilegal yang ditangkap sebelum ke luar negeri, jangan dipulangkan ke kampung tapi di bawa ke sini untuk kita latih atau beri keterampilan. Setelah memiliki keterampilan baru kita kirim ke luar negeri. Kita punya LTSA (layanan terpadu satu atap) bagi TKI. Jadi kami di BLK siapkan kompetensi, LTSA siapkan administrasi ke luar negeri," kata Beny.

Dikatakan Beny, selama ini persoalan TKI di luar negeri paling dominan karena keterampilan rendah. Namun motivasi orang Indonesia ke luar negeri tetap tinggi.

"Daripada kita pulanglan ke kampung dan dia akan mencari cara lain untuk ke luar negeri, lebih baik kita beri dia keterampilan baru kirim ke luar negeri," tambah Beny.(*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved