Pileg NTT

Bacaleg Partai Berkarya : Mengapa Surat Keterangan dari RS SK Lerik Tidak diterima KPU Kota Kupang

Para bacaleg harus mengurus lagi surat keterangan kesehatan dari RSU Prof. WZ. Johannes Kupang.

Bacaleg Partai Berkarya : Mengapa Surat Keterangan dari RS SK Lerik Tidak diterima KPU Kota Kupang
POS KUPANG/MARIA E TODA
Bacaleg DPRD Kota Kupang dari Partai Berkarya , Fan Adrianus

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Kupang dari Partai Berkarya mempertanyakan mengapa surat keterangan kesehatan yang dikeluarkan oleh RS SK Lerik Kota Kupang tidak diterima KPU Kota Kupang.

Akibatnya, para bacaleg harus mengurus lagi surat keterangan kesehatan dari RSU Prof. WZ. Johannes Kupang.

Hal ini disampaikan salah satu Bacaleg DPRD Kota Kupang dari Partai Berkarya , Fan Adrianus ketika menghubungi Pos Kupang, Senin (23/7/2018).

Menurut Fan, sejumlah bacaleg DPRD Kota Kupang dari Partai Berkarya terpaksa mempertanyakan, mengapa surat keterangan yang diurus oleh mereka di RS Kota Kupang tidak diterima KPU Kota Kupang.

"Padahal, sesuai penjelasan KPU bahwa bacaleg boleh mengurus surat keterangan kesehatan, jasmani dan rohani di mana sana, asalkan rumah sakit itu ada rumah sakit pemerintah," kata Fan.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kota Kupang 2009-2014 ini ‎menjelaskan, ketika pengurusan pertama surat keterangan kesehatan, semua bacaleg dari Partai Berkarya Kota Kupang mengurus di RS SK Lerik, karena merupakan rumah sakit milik pemerintah.

Setelah KPU Kota Kupang melakukan penelitian dan mengembalikan berkas bacaleg, ada rekomendasi bahwa tidak menerima surat keterangan kesehatan yang diterbitkan oleh RS SK Lerik.

"Kami diminta urus di RSU Prof. WZ Johannes dan RS Jiwa Naimata, karena itu kami akan urus, namun kami harus pertanyakan kenapa dari RS SK Lerik Tidak diterima‎," tanya Fan.

Anggota Panwas Kota Kupang, Adi Nange mengatakan, untuk pengurusan surat keterangan sehat, memang ada petunjuk melalui surat edaran dari KPU tentang rumah sakit yang memenuhi syarat sebagai tempat pemeriksaan kesehatan dalam rangka pemenuhan syarat calon anggota DPR, DPRD untuk pileg 2019.

Dikatakan, dalam surat edaran itu, rumah sakit yang direkomendasikan adalah RSU Prof. WZ. Johannes sebagai rumas sakit rujukan provinsi yang terakreditasi.

Sedangkan rumah sakit khusus jiwa adalah Rumah Sakit Jiwa Naimata. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved