Berita Kabupaten Ngada

Ini Jumlah Korban Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Ngada Tahun 2018

Jumlah yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas diwilayah Polres Ngada selama Januari hingga Juli 2018 yaitu 11 orang.

Ini Jumlah Korban Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Ngada Tahun 2018
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Kasat Lantas Polres Ngada, Sudirman, S.Sos

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA - Jumlah yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas diwilayah Polres Ngada selama Januari hingga Juli 2018 yaitu 11 orang.

Data yang diterima POS-KUPANG.COM, Minggu (22/7/2018) dari unit Satlantas Polres Ngada, menyebutkan, rincian korban meninggal dunia 11 orang, luka bera 12 orang, luka ringan 26 orang. Rugi material 61.900.000 rupiah.

Dari jumlah yang ada, celaka tabrak manusia 7 kasus. Kendaraan yang terlibat roda 2 yaitu 20 unit, roda empat 7 unit, roda enam 3 unit.

Baca: Ini Temuan KPU TTS Saat Verifikasi Dokumen Kelengkapan Caleg

Dari data tersebut diatas 85 % kecelakaan terjadi diwilayah Kabupaten Nagekeo dan didominan faktor penyebabnya batas kecepatan dengan pelaku rata-rata usia remaja.

Kasat Lantas Polres Ngada, Sudirman, S.Sos, kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan, ada empat faktor penyebab terjadinya lakalantas.

Pertama faktor manusia, kedua faktor kendaraan, faktor jalan /lingkungan dan keempat faktor cuaca.

Sudirman menilai banyak masyarakat belum sadar akan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas. Kesadaran akan menjaga keselamatan diri dan orang lain sangat rendah.

Seharusnya tidak menunggu diperintah oleh orang lain untuk mematuhi aturan lalu lintas. Misalkan gunakan helm itu jangan tunggu ada polisi. Itu sangat keliru.

Gunakan helm itu saat hendak keluar dari rumah mengendarai sepeda motor. Karena itu akan melindungi kepala saat terjadi kecelakaan. Bukan karena takut polisi tahan. Ini harus diberi pemahaman kepada masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved