Berita NTT

Cukup Banyak Distributor Sembako di NTT Tapi Tidak Terdaftar. Ini Penyebabnya

banyak distributor sembako di NTT tidak terdaftar di Kementerian Perdagangan. Di Kota Kupang ada 46 distributor sembako yang tidak terdaftar

Cukup Banyak Distributor Sembako di NTT Tapi Tidak Terdaftar. Ini Penyebabnya
POS KUPANG/FRANS KROWIN
Ilustrasi: sembako 

Laporan Reporter Pos Kupang.com, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM, KUPANG---Dinas Perdagangan Propinsi NTT mendeteksi banyak distributor sembako di NTT tidak terdaftar di Kementerian Perdagangan. Di Kota Kupang saja, ada 46 distributor sembako yang tidak terdaftar.

Sedangkan yang terdaftar baru enam distributor. Diduga kuat, distributor, subdistributor dan agen sembako enggan mendaftar ke Kementerian Perdagangan untuk menghindari pajak.

Kepala Seksi Bina Pasar, Logistik dan Distribusi, Man Arafah Pua Mbusa yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/7/2018), mengatakan, selama ini pihaknya masih melakukan langkah-langkah perauasif dengan himbauan dan ajakan.

Namun jika tetap membandel, kata Man Arafah, pihaknya terpaksa menempuh cara paksa dengan melibatkan tim terpadu yang di dalamnya ada satgas dan Tim Pemantau Inflasi Daerah.

"Kita akan kejar terus. Kalau belum kooperatif terpaksa gunakan cara paksa. Tim terpadu kita libatkan. Di sana ada kepolisian dan instansi lainnya," kata Man Arafah.

Dia menjelaskan, sesuai Peraturan Presiden Nomor: 70 tahnlun 2017, tentang Bongkar Muat, kegiatan bongkar muat harus berkoordinasi dengan Syahbandar, Pelindo, kargo udara dan fery.

"Kita masih pelan-pelan benahi. Masih banyak mekanisme yang harus dibenahi," katanya. (*)

Tags
Sembako
NTT
Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved