Piala Dunia 2018

Ini Lho Fakta Unik Lima Piala Dunia Terakhir

timnas Bolivia memainkan pertandingan mereka di Estadio Hernando Siles, memiliki ketinggian 3.637 meter di atas permukaan laut, salah satu stadion

Ini Lho Fakta Unik Lima Piala Dunia Terakhir
(REUTERS/ Kai Pfaffenbach)
Stadion Luzhniki dipenuhi cahaya lampu menjelang final PIala Dunia antara Prancis dengan Kroasia di Moskow, Rusia, Kamis (12/7/2018). 

POS KUPANG.COM - - Ilmu yang menghubungkan statistik dengan pertandingan sepakbola telah lama ada, dan banyak orang telah mencari cara untuk menemukan sebuah pola "harta karun" yang bisa menentukan hasil pertandingan sepakbola.

Namun, tentu saja sampai sekarang masih belum ada yang bisa menemukan rumus mujarab semacam itu untuk menentukan kesebelasan mana yang menang atau kalah.

Hal tersebut dapat disebut karena sepakbola adalah sebuah ajang yang dinamis yang memiliki banyak faktor untuk menentukan, mulai dari kekuatan tim, pemain, hingga cuaca atau ketinggian lokasi pertandingan juga dapat berpengaruh.

Ambil contoh timnas Bolivia, yang memainkan pertandingan mereka di Estadio Hernando Siles, yang memiliki ketinggian 3.637 meter di bawah permukaan laut, sehingga merupakan salah satu stadion tertinggi di dunia.

Sebagaimana diketahui, semakin tinggi suatu daerah maka semakin tipis kadar oksigen yang berada di udara, sehingga timnas yang bertandang ke Bolivia harus sangat beradaptasi dengan ketinggian tersebut.

Walhasil, pepatah "bola itu bundar" memang sedikit banyak berlaku, dan dapat dikatakan tidak ada satu rumus pasti di dunia yang bisa menentukan siapa yang akan berjaya.

Meski demikian, bila melihat hasil lima pertandingan final terakhir yang dimainkan di lima Piala Dunia terakhir, maka dapat disebutkan sejumlah fakta yang menarik.

Lima Piala Dunia terakhir ini berawal dari Piala Dunia tahun 1998 Prancis, yang juga merupakan ajang piala dunia pertama yang menampilkan sebanyak 32 timnas.

Sebelumnya pada periode tahun 1982 hingga 1994, tim yang bertarung di Piala Dunia adalah sebanyak 24 timnas, dan sebelum waktu itu biasanya adalah sebanyak 16 timnas.

Pada final 1998 Prancis mengalahkan Brasil 3-0, kemudian pada final 2002 Brasil menaklukkan Jerman 2-0, selanjutnya pada final 2006 Italia membungkam Prancis melalui adu pinalti setelah 1-1 pada waktu normal.

Halaman
1234
Editor: Ferry Ndoen
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved